DetikNews
Senin 18 Juni 2018, 02:15 WIB

Semangatnya Para WNI Rayakan Idul Fitri di Australia Hingga Peru

Haris Fadhil - detikNews
Semangatnya Para WNI Rayakan Idul Fitri di Australia Hingga Peru Foto: Dok. KJRI Perth
Jakarta - Para warga negara Indonesia (WNI) di Perth, Australia turut merayakan Idul Fitri dengan acara halal bihalal. Kegiatan itu digelar pada hari kedua Idul Fitri.

"Sekitar 1500 masyarakat Indonesia di Perth dan sekitarnya hadir memenuhi undangan halal bihalal yang diadakan oleh Konsul Jenderal Republik Indonesia di Perth, Dewi Gustina Tobing, di Wisma Indonesia," tulis pihak KJRI Perth dalam keterangan tertulis kepada detikcom, Minggu (17/6/2018) malam.

Suasana halal bihalal para WNI saat lebaran di PerthSuasana halal bihalal para WNI saat lebaran di Perth Foto: Dok. KJRI Perth

Dalam acara itu disajikan menu makanan nusantara seperti lontong sayur, opor ayam, sambal goreng ati, dan rendang. Para tamu pun terlihat bersemangat bersilaturahmi dan menikmati makanan yang disajikan meski Australia telah memasuki musim dingin.


Halal bihalal ini sendiri merupakan rangkaian kegiatan setelah pada hari pertama digelar salat id yang diikuti sekitar 800 umat muslim Indonesia yang bermukim di Perth

Selain di Perth, WNI di Peru juga turut merayakan Idul Fitri 1439 H dengan semangat. Acara silaturahmi pun digelar sambil nonton bareng Piala Dunia 2018 yang mempertemukan Timnas Peru melawan Timnas Denmark.

Acara ini dihadiri oleh WNI yang ada di Peru dan Bolivia. Selain nobar, ada juga acara pemeriksaan kesehatan yang digelar oleh pihak Kedutaan Besar Indonesia di Peru.

Acara halal bihalal WNI saat Idul Fitri di EkuadorAcara halal bihalal WNI saat Idul Fitri di Ekuador Foto: dok. KBRI Quito Ekuador

WNI di Ekuador juga ikut merayakan hari raya Idul Fitri dengan acara halal bihalal yang digelar oleh Dubes RI Diennaryati Tjokrosuprihatono. Acara ini digelar pada Sabtu (16/6) atau hari kedua lebaran.

Tak cuma WNI, acara tersebut turut dihadiri sejumlah duta besar negara lain di Ekuador. Halal bihalal ini juga digunakan untuk memperkenalkan tradisi masyarakat muslim Indonesia, seperti tradisi salaman untuk saling memaafkan dan mendoakan kebaikan bagi sesama.

Aneka sajian khas nusantara turut dihidangkan dalam acara ini. Makanan seperti lontong opor ayam, sayur godog, balado paru, rendang, dan aneka kue khas lebaran menambah hangat suasa silaturahmi yang digelar di Wisma Duta Quito itu.
(haf/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed