DetikNews
Selasa 12 Juni 2018, 17:31 WIB

Kemenhub Prediksi Besok Puncak Arus Mudik 2018

Faiq Hidayat - detikNews
Kemenhub Prediksi Besok Puncak Arus Mudik 2018 Posko Mudik Lebaran Kemenhub. (Faiq/detikcom)
Jakarta - Ketua Posko Mudik Lebaran Kemenhub, Junaidi, memprediksi puncak arus mudik tahap kedua akan terjadi pada H-2 Lebaran, Rabu, 13 Juni. Puncak arus mudik ini juga diprediksi menjadi dua tahap.

"Untuk tahun ini memang liburannya panjang sehingga bisa terbagi-bagi. Puncaknya tadi kan ada di hari Sabtu dan hari Minggu, kemudian ini H-3 dan H-2 ini diprediksi akan menjadi peak season juga," kata Junaidi kepada wartawan di Kemenhub, Jalan Medan Merdeka Barat, Selasa (12/6/2018).


Pada H-2 Lebaran, Junaidi memprediksi kemacetan yang akan terjadi di Jalan Tol Cawang hingga Cikampek. Namun Kemenhub sudah menyiapkan antisipasi jika terjadi kemacetan di jalan tol tersebut.

"Untuk ruas jalan darat, seperti biasa, kalau kemacetan itu di Tol Cikampek, dari Cawang sampai Cikampek pada jam-jam tertentu bisa terjadi kemacetan, tapi sudah diantisipasi dengan melakukan rekayasa baik, nanti melalui Cipali maupun Pantura dan jalur tengah. Secara umum untuk angkutan darat ini sudah cukup baik dan lebih lancar dari tahun lalu," ucap Junaidi.

Selain itu, Junaidi mengatakan terjadi kecelakaan yang dialami sepeda motor di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Sedangkan untuk moda transportasi kereta api, pesawat, dan laut, tidak ada laporan kecelakaan.

"Untuk darat tadi disampaikan Setkom Polri kecelakaan yang terjadi kebanyakan adalah kendaraan roda dua yang terjadi di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat. Untuk Jawa Timur itu ada lima korban, Jawa Tengah dua korban meninggal, dan Jawa Barat dua untuk sementara ini. Tapi diharapkan bisa lebih baik dan ini jauh lebih dibanding tahun lalu," jelas Junaidi.


Pantauan detikcom dari kamera CCTV di Posko Kemenhub sore ini, di jalur Cileunyi dan Pintu Tol Kanci terlihat arus lalu lintas kendaraan ramai lancar. Selain itu, lalu lintas di Pintu Tol Merak dan Terminal Merak terpantau ramai lancar.

Sedangkan di simpang Pejagan, Sadang, Losari, dan Comal terlihat arus lalu lintas ramai lancar. Untuk simpang Kalimalang, Bekasi, banyak terlihat arus lalu lintas dilalui pengendara sepeda motor.
(fai/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed