MUI: Lakukan Takbiran dengan Tertib

Zunita Amalia Putri - detikNews
Selasa, 12 Jun 2018 16:43 WIB
Ketua Umum Ma'ruf Amin mengimbau agar takbiran dilakukan dengan tertib. Fotografer: Ari Saputra
Jakarta - Pemprov DKI Jakarta menetapkan lima lokasi takbiran. Majelis Ulama Indonesia (MUI) meminta agar masyarakat tertib saat mengadakan takbiran.

"Ya tentu ini dilakukan yang saya dengar Gubernur DKI Jakarta memberikan izin maka dilakukanlah dengan tertib, jangan teriak-teriak yang nggak perlu," kata Ketua Umum Ma'ruf Amin di Kantor MUI Pusat, Jl. Proklamasi, Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (12/6/2018).


Ma'ruf juga mengingatkan agar takbiran tidak menggunakan isu-isu politik. "Apalagi menggunakan takbir keliling untuk isu-isu politik jangan. Nanti malah ada gerombolan takbir lain yang tidak sejalan nanti antara gerombolan takbir dan gerombolan takbir yang lain berbenturan nanti takbirnya melahirkan konflik. Jangan itu merugikan, kita menodai suasana takbir," ujar dia.

Pemprov DKI Jakarta akan menggelar takbiran malam Idul Fitri 2018 di lima wilayah di Ibu Kota. Gubernur-Wakil Gubernur DKI Anies Baswedan dan Sandiaga Uno akan berkunjung ke beberapa lokasi tersebut.


Lima titik telah ditentukan sebagai lokasi takbiran di DKI Jakarta. Apabila ada konvoi takbir keliling, maka Satpol PP dan Dishub DKI akan menghalau peserta konvoi ke lokasi-lokasi yang sudah ditentukan.

"Ada lima titik itu, akses menuju titik-titik tersebut nanti Dishub yang tetapkan. Tidak boleh selain akses yang sudah ditetapkan. Maka kita akan arahkan kalau dia keluar dari akses itu akan kita arahkan," kata Kepala Satpol PP DKI Yani Wahyu di Monas, Jakarta Pusat, Selasa (12/6/2018).

Berikut 5 tempat lokasi takbiran di DKI Jakarta tersebut:

1. Jakarta Timur:
Masjid Jami' At-Taqwa
Jalan Pisangan Baru Timur Nomor 4, RT 4/RW 9, Pisangan Baru, Matraman.

2. Jakarta Barat:
A. Area CNI, depan Lippo Mall Puri Indah (di samping kantor Wali Kota Jakarta Barat).
B. Rusun Tambora Kelurahan Angke, Kecamatan Tambora.

3. Jakarta Pusat:
A. Sepanjang jalan KH Mas Mansyur, Tanah Abang.
B. Masjid Jami Al Islam, Petamburan.

4. Jakarta Selatan:
Dipusatkan di halaman kantor Wali Kota Jakarta Selatan.

5. Jakarta Utara:
Masjid Al Hidayah, Kelurahan Sungai Bambu, Kecamatan Tanjung Priok. Dekat pintu keluar Tol Plumpang. (aan/aan)