Porter-Pegawai di Stasiun Senen Lakukan Ini Tiap Kereta Berangkat

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Selasa, 12 Jun 2018 13:20 WIB
Foto: Marlinda Oktavia Erwanti/detikcom
Jakarta - Setiap kali kereta api akan berangkat di Stasiun Pasar Senen, semua porter dan pegawai PT KAI meletakkan tangan di dada. Ketika kereta mulai melaju, mereka berbarengan menundukkan kepala, apa maksudnya?

Seperti yang dilihat detikcom, Selasa (12/6/2018), ketika semboyan kereta siap untuk diberangkatkan, sejumlah porter dan pegawai KAI yang bertugas berdiri menghadap gerbong kereta yang akan berangkat.


Kemudian, mereka meletakkan tangannya di dada. Setelahnya ketika kereta mulai beranjak, mereka menundukkan kepala hingga kereta benar-benar meninggalkan stasiun.

Kepala Stasiun Pasar Senen Rokhmad Makin Zainul mengatakan hal itu sebagai bentuk terima kasih PT KAI kepada para penumpang. Rokhmad mengatakan hal itu sesuai instruksi Executive Vice President KAI Daop 1 Jakarta Dadan Rudiansyah.

"Salam terima kasih. Itu instruksi dari Bapak Daop untuk menghargai penumpang atau pengguna jasa kereta api," kata Zainul.


"Jadi kami berterima kasih, kepada seluruhnya, dalam wujud salam terima kasih terutama pada kereta berangkat. Seperti sekarang yang mungkin bisa disaksikan ya," lanjutnya.

Zainul mengatakan, salam ini mulai dilakukan beberapa bulan yang lalu. Salam dilakukan kepada semua penumpang dan kereta yang hendak meninggalkan Stasiun Pasar Senen.

"Mulai tahun ini beberapa waktu lalu. Sejak sebelum mulai awal posko," ujar Rokhmad. (dhn/dhn)