DetikNews
Senin 11 Juni 2018, 11:17 WIB

Jazirah Islam 2018

Mengasah Kepekaan Sosial Melihat Sisi Lain Kota Paris

Lydia Wijaya - detikNews
Mengasah Kepekaan Sosial Melihat Sisi Lain Kota Paris Bersama para anggota Co-Exister. Foto: Aditya Jakun Nugroho/Jazirah Islam TRANS 7
FOKUS BERITA: Jazirah Islam 2018
Paris - Prancis memiliki masalah yang cukup kompleks, tak hanya soal imigran tetapi juga soal tuna wisma yang menjadi masalah cukup besar di negeri ini.

Dari hasil sensus yang pertama kali digelar oleh pemerintah Februari lalu, diketahui sedikitnya ada 3.000 orang yang hidup tanpa tempat tinggal di Paris.

Peduli tuna wisma merupakan hal baru yang dilakukan pemerintah Prancis. Namun bagi asosiasi yang satu ini, mereka sudah lama melakukan berbagai gerakan untuk membantu tuna wisma.


Dalam beberapa tahun terakhir, asosiasi Co-Exister memberi makan tuna wisma tiga kali dalam seminggu. Abdel, Nadia dan Fouzia, adalah tiga dari sekian banyak keluarga yang rutin membuat makanan dan diserahkan ke yayasan yang akan menyalurkannya kepada yang membutuhkan.

Saat tim Jazirah Islam berkunjung, mereka sedang membuat spaghetti lengkap dengan saus bolognese dan keju parut. Untuk membuat masakan sebanyak 60 porsi ini, Abdel mengeluarkan 150 euro atau sekitar Rp 2,5 juta. Ini bukan uang yang sedikit bagi pria yang berprofesi sebagai mekanik ini.

Memasak makanan untuk dibagikan.Memasak makanan untuk dibagikan. Foto: Aditya Jakun Nugroho/Jazirah Islam TRANS 7


"Kita buat makanan ini untuk tuna wisma dan kami bantu mereka karena kami beruntung bisa makan, mereka belum tentu. Ini agar hubungan kami tak hanya baik pada Allah tapi juga pada manusia. Semoga Allah menerima sedekah ini," kata Goumiri Abdelkader.

Anggota lainnya, Leo, mengaku sangat bahagia bisa mewakili umat Islam untuk dapat berbagi cerita dan kontribusi kemanusiaan. Dia tertarik bergabung karena banyak hal positif yang bisa dibagi.



"Saya mau berbagi dengan mereka, agar mereka kenal Islam. Banyak media yang menyiarkan Islam dalam citra yang buruk. Saya ingin menunjukkan Islam itu baik pada siapa saja, dengan cara berbagi pengalaman dan cerita," ujarnya.

Membagikan makanan di stasiunMembagikan makanan di stasiun Gare de Lyon. Foto: Aditya Jakun Nugroho/Jazirah Islam TRANS 7


Mengikuti kegiatan mereka, kami mendatangi stasiun Gare de Lyon Paris yang menjadi lokasi untuk membagikan makanan ini. Tim dibagi menjadi dua. Tim pertama untuk menyebarkan makanan di dalam stasiun, sedangkan tim kedua membagikan makanan di luar stasiun.

Alhamdulillah, belajar dari kisah ini, semoga kita diberi kekuatan dan kepekaan untuk peduli membantu sesama, amin.


Simak kisah lengkap perjalanan memotret kehidupan muslim di Prancis, dalam program Jazirah Islam, Senin 11 Juni 2018 pukul 15.00 WIB hanya di TRANS 7


Wajah Muslim di Perancis, Tonton Videonya di 20detik:

[Gambas:Video 20detik]



(rns/rns)
FOKUS BERITA: Jazirah Islam 2018
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed