Cerita di Tol Fungsional: Jalan Bergelombang hingga Lihat Bangkai

Indah Mutiara Kami - detikNews
Senin, 11 Jun 2018 10:47 WIB
Penampakan Tol Fungsional Pejagan-Pemalang (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta - Sejumlah ruas tol fungsional dibuka untuk pemudik di 2018 ini. Ada cerita unik pemudik hingga hal-hal yang perlu jadi perhatian saat melintasi tol fungsional.

Cerita unik diungkapkan oleh pemudik bernama Bekti Wijayanto. Mudik dari Cipete, Jakarta Selatan, Bekti melewati tol fungsional Pejagan-Pemalang untuk menuju Pekalongan, Jawa Tengah.



"Saat memasuki tol fungsional, saya melihat 5-6 bangkai anjing. Sepertinya mati ditabrak, mereka banyak lalu lalang karena dulu di situ tanah kosong," kata Bekti saat dihubungi, Senin (11/6/2018).

"Pemudik bisa lebih berhati-hati karena jalan bergelombang," ujarnya.

Mudik pada Minggu (10/6) kemarin, Bekti hanya butuh waktu 6 jam untuk tiba di Pekalongan padahal tahun lalu dia menghabiskan waktu 10 jam di jalan.



Cerita melintasi tol fungsional Pejagan-Pemalang juga dikisahkan oleh pemudik bernama Adi. Berangkat dari Cileungsi, Adi hanya butuh waktu 9 jam untuk mencapai Kartasura. Dia juga melintasi tol fungsional Pejagan-Pemalang.

"Kondisi tol fungsional ini sudah bagus sehingga kecepatan rata-rata bisa 80-100 km/jam. Kami sempat beristirahat di rest area KM 275, dan menyadari kalau BBM kendaraan kami telah menipis. Alhamdulillah, di rest area ini tersedia Kiosk Pertamina yang menyediakan Pertamax dan Dex," cerita Adi.



Berkat membeli tambahan BBM itu, Adi bisa melanjutkan perjalanan di tol fungsional Pemalang-Batang dan Batang-Semarang. Kondisi di tol fungsional ini, menurut Adi, tak sebaik di Pejagan-Pemalang.

"Kondisi tol fungsional di sini memang tidak semulus tol fungsional Pejagan-Pemalang, karena di beberapa titik masih ada yang bergelombang, beton yang masih tipis, dan cukup berdebu. Tapi hal ini bisa dimaklumi mengingat jalur ini memang belum siap operasi," ungkapnya.

Bagaimana pengalaman mudik Anda tahun 2018 ini? Ceritakan pengalaman Anda dengan mengirim email ke redaksi@detik.com. Pengalaman Anda bisa jadi berguna bagi pembaca detikcom lainnya. Jangan lupa sertakan nomor seluler Anda agar bisa kami hubungi!


Tonton Juga: Kelengkapan Fasilitas di Rest Area Tol Fungsional Pejagan-Pemalang

[Gambas:Video 20detik]



(imk/tor)