DetikNews
Senin 11 Juni 2018, 09:53 WIB

Couscous Hidangan Istimewa di Restoran Halal Tertua Prancis, Seperti Apa?

Lydia Wijaya - detikNews
Couscous Hidangan Istimewa di Restoran Halal Tertua Prancis, Seperti Apa? Bertemu Mustafa. Foto: Aditya Jakun Nugroho/Jazirah Islam TRANS 7
FOKUS BERITA: Jazirah Islam 2018
Marseille - Tim Jazirah Islam masih melanjutkan perjalanan di Marseille, sebuah kota cantik di tepi laut Mediterania, Prancis. Kota bersejarah ini, letaknya sangat dekat dengan perbatasan Benua Afrika.

Tak heran, banyak pendatang dari Afrika yang menetap disini, seperti dari Aljazair, Maroko, Tunisia, serta negara Afrika bekas jajahan Prancis lainnya.



Di kota ini, kami menemukan salah satu restoran halal di Le Femina. Restoran ini tak hanya menyandang status sebagai restoran tertua di Marseille, tetapi juga di Prancis.

Tim Jazirah Islam disambut langsung oleh pemiliknya yaitu Mustafa, di Pelabuhan Old Port Marseille. Pelabuhan ini memang mempunyai cerita tersendiri bagi Mustafa.

Berbelanja ke pasar. Berbelanja ke pasar. Foto: Aditya Jakun Nugroho/Jazirah Islam TRANS 7

Kakek buyutnya yang berasal dari Aljazair hijrah ke Marseille dengan menyebrangi lautan dan tiba di pelabuhan ini. Tak hanya membawa keluarga untuk mengubah nasib, sang kakek pun membawa serta resep kuliner khas dari negeri asalnya ke kota ini.

Salah satu resep andalan restoran La Femina adalah couscous. Untuk membuat couscous, kami akan berbelanja ke pasar tradisional Grand Marche di kawasan Rue de Musee.

Yang wajib dicari adalah bumbu rempah khusus couscous. Toko langganan Mustafa punya banyak bubuk rempah mulai dari lada, cabai hingga campuran beragam bumbu masak lainnya.

Suasana ala Negeri Magribi Aljazair langsung terasa begitu masuk ke dalam restoran La Femina. Sejak berdirinya pada 1921, tidak ada yang berubah dalam resep otentiknya.

Mengolah couscous. Mengolah couscous. Foto: Aditya Jakun Nugroho/Jazirah Islam TRANS 7


Mulai dari pemilihan bahan-bahan segar seperti sayuran dan daging hingga cara memasaknya, tetap mempertahankan kualitas yang terbaik. Couscous dalam bahasa Amazigh biasa disebut seksu.

Masakan yang terbuat dari gandum ini merupakan makanan utama dan hidangan tradisional masyarakat Berber. Makanan ini cukup populer di negara-negara Afrika dan Timur Tengah, seperti Libya, Maroko, Mesir, Libanon, Aljazair dan Tunisia, dan biasa disajikan pada acara besar seperti saat Idul Fitri maupun Idul Adha.



Setiap hari Jumat, couscous wajib disajikan untuk seluruh keluarga, untuk merayakan kegembiraan, karena Jumat, adalah hari istimewa bagi umat muslim. Hmmm... couscous memang hidangan istimewa.


Simak kisah lengkap perjalanan memotret kehidupan muslim di Prancis, dalam program Jazirah Islam, Senin 11 Juni 2018 pukul 15.00 WIB hanya di TRANS 7


Tonton juga, ketangguhan Muslim di Prancis:

[Gambas:Video 20detik]


(rns/rns)
FOKUS BERITA: Jazirah Islam 2018
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed