PBB: Poros Ketiga Bisa Terbentuk dari Sempalan Koalisi Jokowi

Parastiti Kharisma Putri - detikNews
Jumat, 08 Jun 2018 22:48 WIB
Ketua Bidang Pemenangan PBB Sukmo Harsono (Foto: dok. pribadi)
Jakarta - Partai Bulan Bintang (PBB) menilai penentuan cawapres untuk sang capres petahana, Joko Widodo (Jokowi), bakal menimbulkan perpecahan di tubuh koalisi Jokowi sendiri. Pecahan itu diprediksi akan menjadi penyusun poros ketiga.

Prediksi politik ini dinyatakan Ketua Bidang Pemenangan PBB Sukmo Harsono di Bakoel Koffie, Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (8/6/2018). Dia menilai penentuan cawapres Jokowi merupakan perkara yang sangat krusial bagi soliditas koalisi itu.

"Semakin cepat calon wakil presidennya (dari kubu Jokowi ditentukan), semakin koalisi mereka akan bubar berantakan," kata Sukmo.


Sebagian partai yang menyusun koalisi Jokowi masih punya ambisi untuk menempatkan kadernya di sisi Jokowi. Bila ambisi itu tak terpuaskan oleh keputusan cawapres untuk Jokowi, partai yang bersangkutan bisa hengkang dari koalisi.

"Dia tunjuk misalnya Muhaimin (Ketua Umum PKB), yang lain akan bubar. Dia tunjuk Airlangga (Ketua Umum Partai Golkar), PKB akan bubar (hengkang dari koalisi Jokowi). Jadi ada sesuatu yang sangat krusial dari kubu sebelah ini," ujar Sukmo.


"Dan dari pecahnya ini, kemungkinan akan terbentuk poros ketiga, dan ini perlu diwaspadai. Jadi poros ketiga itu akan muncul apabila ada sempalan dari kelompok sebelah," katanya.

Namun yang terpenting bagi koalisi rival Jokowi adalah menentukan cawapres yang terbaik untuk capres Prabowo Subianto. Cawapres yang terbaik adalah cawapres yang layak adu dan layak menang.

"Layak adu dan layak menang ini tidak dilihat besar-kecilnya partai, tetapi punya kemungkinan besar akan didukung umat," ujarnya.


Sebagaimana diketahui, koalisi pendukung Prabowo Subianto memang belum pasti terbentuk. Namun setidaknya sudah ada wacana Koalisi Keummatan, yang berisi Partai Gerindra, PKS, dan PAN. Mereka telah menemui imam besar FPI Habib Rizieq Syihab di Mekah. Rizieq adalah pihak yang mendukung Koalisi Keummatan, termasuk mendukung PBB ada di dalamnya. Rizieq meminta partai-partai pendukung Prabowo itu segera mendeklarasikan bersama dukungan untuk Prabowo.




Tonton juga video pernyataan 'Demokrat: Ini Saat Terbaik Ciptakan Poros Ketiga'

[Gambas:Video 20detik]



(dnu/rna)