DetikNews
Jumat 08 Juni 2018, 09:44 WIB

Serangan Isu Selingkuh yang Viral: dari Fadli sampai Grace Natalie

Mochamad Zhacky - detikNews
Serangan Isu Selingkuh yang Viral: dari Fadli sampai Grace Natalie Foto: thinkstock
Jakarta - Sejumlah tokoh politik Tanah Air diterpa isu perselingkuhan yang viral di media sosial. Pada 2018 ini isu perselingkuhan pertama kali menerjang Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon.

Kabar liar mengenai isu selingkuh Fadli menyebar melalui tulisan di sejumlah situs ataupun blog sejak awal Mei 2018. Bahkan isu ini juga menyebar di YouTube.

Fadli sudah angkat soal tuduhan selingkuh dengan seorang wanita yang juga pengurus Gerindra. Dia menilai ada pihak yang mencoba membunuh karakternya.


"Ya ini kan isu hoax ya, isu hoax dan fake news. Saya sudah dengar ini dari beberapa waktu lalu. Saya tidak mau menanggapi fake news, tapi jelas itu adalah hoax dan itu cara-cara PKI untuk melakukan suatu pembunuhan karakter," kata Fadli Zon di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (24/5).

Serangan Isu Selingkuh yang Viral: dari Fadli sampai Grace NatalieFoto: Edzan Raharjo/detikcom

Isu perselingkuhan tokoh politik tak berhenti di Fadli. Isu yang sama muncul lagi, namun kali ini tertuju ke Sekjen PKS Mardani Ali Sera.

Mardani disebut memiliki hubungan spesial dengan seorang perempuan yang merupakan figur publik. Isu perselingkuhan ini berawal dari sebuah artikel dalam salah satu situs yang diterbitkan pada Senin (4/6), kemudian menyebar ke media sosial serta aplikasi WhatsApp.


Mardani secara tegas menepis isu tersebut. Dia mengatakan bakal melapor ke polisi.

"Itu fitnah dan akan diproses hukum segera," ungkap Mardani saat dimintai konfirmasi detikcom, kemarin.

Serangan Isu Selingkuh yang Viral: dari Fadli sampai Grace NatalieFoto: Mardani Ali Sera. (dok. istimewa)

Isu perselingkuhan tokoh politik yang paling anyar menimpa Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie. Eks pembawa acara itu dituduh selingkuh dengan mantan Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.


Isu perselingkuhan Grace-Ahok disebar oleh akun @Hulk_idn melalui Twitter dan akun Instagram oleh @prof.djokhowie. Grace langsung merespons isu itu dengan melaporkan dua akun di atas ke Polda Metro Jaya.

"Jadi sudah resmi melaporkan. Ditanya siapa saksi, tempat kejadiannya saya sudah sampaikan (semuanya)," kata Grace kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, kemarin.


Grace mengatakan isu itu telah membunuh karakter dirinya. Dia menyebut isu itu sarat muatan politis.

"Menurut kami ini sudah menyedihkan, pembunuhan karakter, tidak hanya kami tapi juga pak Ahok dan juga publik yang harus menerima informasi seperti ini," terang Grace.

Serangan Isu Selingkuh yang Viral: dari Fadli sampai Grace NatalieFoto: Muhammad Ridho

Mardani dan Grace seolah sependapat isu perselingkuhan ini ada kaitannya dengan politik. Ketua DPP PKS itu menduga isu perselingkuhan ini adalah serangan politik terkait #2019GantiPresiden.

"Ini serangan panik pada gerakan #2019GantiPresiden," ujar Mardani saat dimintai konfirmasi detikcom, kemarin.


Sementara Grace mengatakan fitnah isu perselingkuhan tersebut menjadi sebuah keprihatinan di tengah masuknya kaum perempuan ke dunia politik. Dia menyebut narasi yang dibangun dengan adanya fitnah tersebut bahwa seolah-olah perempuan tak bisa menunjukkan prestasi di dunia politik.

"Buat saya ini juga sebenarnya merupakan bentuk keprihatinan bahwa untuk perempuan masuk ke dalam politik masih dapat perlakuan seperti ini. Bagaimana kita bisa berharap partisipasi perempuan di politik bisa semakin banyak, bertambah, baru masuk saja sudah demikian. Seolah-olah perempuan itu tidak bisa berprestasi, nggak bisa masuk ke kancah politik tanpa harus menjual tubuhnya," papar Grace.


Pihak keluarga Ahok menilai ada sejumlah pihak yang mencari sensasi dengan memunculkan isu perselingkuhan itu. Keluarga Ahok memutuskan tak akan melaporkan tuduhan itu ke polisi.

"Katanya keluarga mau lapor polisi? (False, ngapain lapor2 uda Kebal Di fitnah trus hahahahaha sampai Papa Kami Yg uda meninggal aja kena fitnah Engak tangung2 hahhaaa ama prof lagi 😅 ini kayak Anjing menggonggong, kafilah berlalu!)" jelas adik Ahok, Fifi Lety Indra melalui akun isntagramnya, fifiletytjahajapurnama, kemarin.



Apa ya kata psikolog soal selingkuh? Tonton video 'Yakin Selingkuh itu Indah?':

[Gambas:Video 20detik]




(zak/bag)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed