Ragam Makna di Balik Momen Cium Tangan Gatot ke SBY

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Selasa, 05 Jun 2018 07:00 WIB
Foto: Gatot Nurmantyo Mencium Tangan SBY (Istimewa)

Gatot memang bukan kader dari partai pimpinan SBY. Tapi SBY tampak tetap menyambut Gatot yang mencium tangannya.



"Apa yang ter-capture secara mikro ekspresi yang sangat jelas nampak adalah ekspresi SBY. Senyum ketulusan kongruen dengan gerakan tangan menepuk-nepuk pundak GN. Ini boleh diartikan sebagai sebuah persetujuan akan apa yang ada di benak masing-masing," ujar Monica.

Menurut Monica, SBY terbilang jarang mengeluarkan ekspresi senyum seperti dalam foto tersebut. Tapi Handoko memaknai senyum SBY belum tentu akan mengakomodasi keinginan Gatot.

"Yang bisa dilihat adalah sikap Pak Gatotnya yang merendahkan diri kira-kira begitu berharap seniornya bisa mengakomodir keinginan juniornya. Tapi dengan gaya Pak SBY, gesturnya Pak SBY artinya belum tentu, bisa iya bisa tidak, masih belum tentu," ungkap Handoko.

Gatot usai dilantik oleh SBY pada Juli 2014.Gatot usai dilantik oleh SBY pada Juli 2014. Foto: Biro Pers Setpres


Memperlihatkan Kedekatan SBY dan Gatot

SBY dan Gatot berasal dari angkatan yang berbeda meski sama-sama dari TNI Angkatan Darat. Namun ekspresi keduanya saat bertemu tampak menyiratkan kedekatan.

"Dalam konteks foto yang ter-capture memang terlihat kedekatan, namun karena alasan profesional atau kedekatan pribadi perlu ditunjang beberapa foto dalam konteks berbeda," kata Monica.

Dia lalu membandingkan dengan foto saat SBY yang merupakan Presiden ke-6 RI itu melantik Gatot jadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) pada Juli 2014 lalu.

"Ini dalam konteks resmi tetap menunjukkan kedekatan keduanya, ditunjang oleh facial expression dengan emosi yang mendukung kedekatan tersebut," ungkap Monica.

Usai melantik Gatot di Istana pada Juli 2014 lalu, tangan kiri SBY memegang lengan Gatot. Tetapi menurut Monica, kedekatan keduanya bukan dilihat dari gestur itu.

"Itu political shakehand namanya, itu biasa digunakan para politikus. Yang saya baca dari ekspresi wajah," tutur Monica.




Tonton juga video: 'Siap Jadi Capres, Gatot Ngaku Sudah Sowan ke SBY hingga Mega'

[Gambas:Video 20detik]


(bag/imk)