DetikNews
Senin 04 Juni 2018, 14:28 WIB

Jazirah Islam 2018

Olahraga Ringan Saat Puasa ala Hijaber Dubai Ini Bisa Dicoba

Nadila Fitria - detikNews
Olahraga Ringan Saat Puasa ala Hijaber Dubai Ini Bisa Dicoba Host Jazirah Islam Nadila Fitria bertemu Manal Rostom. Foto: Hanggoro Mukti/Jazirah Islam TRANS 7
FOKUS BERITA: Jazirah Islam 2018
Dubai - Berada jauh dari rumah dan di bulan Ramadan, tak berarti lupa dengan olahraga ya. Sisakan waktu untuk melemaskan otot, serta mengeluarkan keringat agar tubuh tetap segar dan semangat.

Sambil berolahraga di area Dubai Marina, saya menunggu wanita Arab yang sangat berprestasi, Manal Rostom. Datang dengan bersepeda, wanita atletis usia 38 tahun ini tersenyum ramah.

Olahraga Ringan Saat Puasa ala Hijaber Dubai Ini Bisa Dicoba Manal menjadi model hijab sporty produk olahraga terkenal dunia. Foto: Hanggoro Mukti/Jazirah Islam TRANS 7


Manal adalah hijaber pertama yang ditampilkan oleh merk produk olahraga terkenal di dunia. Berawal dari keisengannya mengirim email ke pihak brand tersebut, menanyakan, mengapa brand sebesar ini tidak punya produk khusus wanita berhijab?



Tak disangka, emailnya dibalas dengan manis dan berbuah wajahnya menjadi model hijab sporty di seluruh dunia.

"Sejujurnya, saya merasa ini adalah mimpi yang jadi kenyataan, apalagi saat saya lihat wajah saya di majalah dan iklan. Saya rasanya ingin mencubit pipi saya, rasanya semua wanita berhijab bisa tahu apa yang saya rasakan. kita benar-benar mengubah wajah wanita berhijab. Saya anggap ini jadi pencapaian bagi wanita berhijab. Alhamdulillah," kata Manal.

Olahraga Ringan Saat Puasa ala Hijaber Dubai Ini Bisa Dicoba Manal menyukai olahraga sejak belia. Foto: Hanggoro Mukti/Jazirah Islam TRANS 7


Manal sudah giat berolahraga sejak remaja. Hingga kini, ia sudah mendaki 9 gunung dan ikut puluhan ajang marathon di dunia. Saat bertemu dengannya, tim Jazirah Islam ikut 'mencicipi' salah satu menu latihan singkat Manal.

Boleh dicatat untuk dipraktikkan berolahraga di rumah. Mudah kok, hanya berganti gerakan setiap tiga puluh detik. Pertama adalah squat, alias jongkok hingga lutut membentuk 90 derajat.

Lalu lakukan lunges, kaki kanan dan kaki kiri. Meski terlihat sederhana, gerakan ini Ternyata cukup melelahkan. Untuk olahraga di bulan Ramadan, lakukan 10 menit sebelum berbuka puasa, agar cairan tubuh tetap tercukupi usai berolahraga.

Saat berolahraga, Manal memilih mengenakan hijab berbentuk pashmina, tentunya dengan dalaman hijab agar tidak licin saat dikenakan. Pribadi yang asyik dan seru ini, punya kisah menarik dalam hidupnya, yang berhubungan dengan hijab.

Olahraga Ringan Saat Puasa ala Hijaber Dubai Ini Bisa Dicoba Manal berbagi tips olahraga ringan selama puasa. Foto: Hanggoro Mukti/Jazirah Islam TRANS 7


Manal punya satu akun grup sosial bernama Surviving Hijab. Ia mengumpulkan ratusan ribu muslimah di seluruh dunia, yang punya aneka kisah tentang hijabnya.

"Di 2014 saya di ujung tanduk untuk melepas hijab saya setelah mengenakannya selama 13 tahun. Saya baru saja pindah ke Dubai dari Kuwait dan merasa Dubai sangat beda dengan Kuwait, sangat kosmopolitan, sangat banyak ekspatriat dan wanita Emirati tidak terlihat di masyarakat. Jadi saya merasa sangat terlihat di tempat umum dengan hijab saya," tuturnya.



Manal saat itu merasa seperti menjadi minoritas di negeri dengan mayoritas muslim. Berangkat dari sana, mulailah wanita kelahiran Kuwait ini, mengumpulkan ratusan ribu muslimah dunia dengan kisah yang sama.

"Kami kemudian berjuang mempertahankan hijab kami. Saling memberi dukungan, semangat dan kekuatan agar tetap menjaga hijab," tutupnya.



Saksikan cerita lengkap perjalanan di Dubai dalam program Jazirah Islam, Senin 4 Juni 2018 hanya di TRANS 7

(rns/rns)
FOKUS BERITA: Jazirah Islam 2018
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed