Salurkan Dana Kebajikan, Maybank Indonesia Gandeng 5 Lembaga Ziswaf

Akfa Nasrulhaq - detikNews
Senin, 04 Jun 2018 13:38 WIB
Foto: Dok ACT
Jakarta - PT Bank Maybank Indonesia Tbk (Maybank Indonesia) menggandeng Global Wakaf Foundation dan empat lembaga Ziswaf. Kerja sama ini dilakukan untuk menyalurkan Dana Kebajikan.

Head of Shariah Banking Maybank Indonesia Herwin Bustaman mengatakan pihaknya tidak bisa berjalan sendiri dalam menjalankan program tersebut. Menurutnya perlu kerja sama dengan Lembaga Ziswaf yang mempunyai pengalaman di lapangan dan jaringan untuk menyalurkan langsung program ini.

"Maka kami bersinergi dengan lima lembaga Ziswaf. Program kami ini merupakan program perdana. Kami memilih lima lembaga ini karena di setiap lembaga mempunyai kelebihan masing-masing, sehingga ini sangat bagus untuk umat. Seperti misalnya kelebihan Global Wakaf yang mempunyai jaringan yang luas, bahkan bisa sampai ke luar negeri dan saya respek dengan hal itu," tutur Herwin dalam keterangan tertulis, Senin (4/6/2018).


Rencananya, Program Penyaluran Dana Kebajikan dari Maybank Indonesia ini akan dialokasikan untuk berbagai program umat. Di antaranya Program Pemberdayaan Pengadaan Pangan, Program Beasiswa untuk Santri (Siswa) dan mahasiswa yang kurang mampu, sehingga nantinya bisa mendukung perekonomian keluarganya.

Selain itu juga ada Program Penyebaran Alquran. Saat ini ribuan mushaf Alquran telah dicetak dan siap didistribusikan.

"Mudah-mudahan program ini bisa terus berkelanjutan dan ke depannya semakin lebih baik lagi, semoga pemberdayaan umat ini bisa terus berjalan," harap Herwin.

Sementara itu, Presiden Global Wakaf Foundation, N Imam Akbari, mengapresiasi kepedulian Maybank Indonesia terhadap umat Islam yang dhuafa dan yang berada di wilayah tertinggal.

"Apa yang dilakukan Maybank Indonesia ini luar biasa, mudah-mudahan kami bisa menjalankan amanah besar ini yang insya Allah akan kami emban sebaik-baiknya," imbuhnya.


Menurut Imam, Wakaf adalah puncak philanthropy Islam yang luar biasa yang sangat bermanfaat untuk umat. Ia berharap dengan sinergi antara Maybank Indonesia dengan Global Wakaf dan empat lembaga Ziswaf lainnya ini bisa membangun kejayaan ekonomi umat, bahkan dapat memajukan peradaban Islam agar lebih baik lagi.

Acara penandatangan kerja sama tersebut disaksikan oleh Presiden Komisaris Maybank Indonesia Datuk Abdul Farid Alias. Acara tersebut dilakukan di Shariah Banking Unit - PT Bank Maybank Indonesia Tbk, Gedung Sentral Senayan 3 Lt. 21 Jl. Asia Afrika No. 8, Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (31/5/2018).

Penandatanganan dilakukan oleh Presiden Direktur PT Bank Maybank Indonesia Tbk, Taswin Zakaria, N. Imam Akbari (Presiden Global Wakaf) Nanda Putra (Direktur Eksekutif Wakaf Al Azhar) Avid Sholihin (Sekretaris Umum Dewan Dakwah), Imam Rulyawan (Presdir Dompet Dhuafa Philanthropy), dan Wildhan Dewayana (Dirut LAZNAS IZI). (ega/ega)