Pakar Gestur: Gatot Cium Tangan SBY Berharap Diakomodasi

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Senin, 04 Jun 2018 13:23 WIB
Gatot Nurmantyo Mencium Tangan SBY (Istimewa)
Jakarta - Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmanyo mencium tangan presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Pakar gestur Handoko Gani menganalisis adanya unsur harapan dan penghormatan dari gerakan tubuh Gatot tersebut.

"Pak Gatot menunduk dan arah pandangan ke tangan, kemudian dua tangan memegang tangannya Pak SBY. Itu gestur tanda orang hormat, sungkan kepada orang yang dituakan," tutur Handoko saat berbincang dengan detikcom, Senin (4/6/2018).



Namun Handoko baru menganalisis lewat foto momen tersebut saja. Dia belum melihat video sebelum dan sesudah momen tersebut. Momen itu terjadi pada saat keduanya menghadiri acara buka puasa bersama di kediaman mantan Menko Perekonomian Chairul Tanjung (CT).

"Kemudian kalau melihat gesturnya Pak SBY itu juga gestur orang yang dituakan, itu ditandakan oleh tangan kirinya yang menepuk bahu Pak Gatot, kemudian beliau melihat ke arah Gatot sambil senyum," papar Handoko, yang juga ahli deteksi kebohongan.

Pria lulusan Emotional Intelligence Academy, Manchester, ini juga melihat dalam konteks politik momen tersebut. Menurut Handoko, bisa saja dilihat bahwa Gatot menaruh harapan kepada SBY.

"Kalau terkait politik itu bisa bermakna bahwa Pak Gatot ini nunut kepada pilihan SBY, pilihan politik SBY, atau keputusan SBY bisa bermakna seperti itu," kata dia.

SBY merupakan Ketua Umum Partai Demokrat yang juga purnawirawan TNI. Sementara itu, Gatot berniat melenggang ke Pilpres 2019 tapi belum memiliki kendaraan politik.



"Ya arahnya ke situ, sorry bukan nunut, tapi lebih ke arah berharap bahwa seniornya bisa mengakomodasi. Pak Gatot berharap bahwa seniornya bisa mengakomodasi keinginan beliau," kata Handoko.

Di sisi lain, sikap SBY menyiratkan hal berbeda. SBY memang tersenyum, tapi bukan berarti dia serta-merta langsung mengakomodasi Gatot.

"Dengan gaya Pak SBY, gesturnya Pak SBY artinya belum tentu, bisa iya bisa tidak, masih belum tentu," ujar dia.

Senyum SBY dimaknai sebagai sikap seorang senior kepada juniornya. Handoko menyebut sebagai senyum sosial.


Siap jadi capres, Gatot ngaku sudah sowan ke SBY dan Megawati:

[Gambas:Video 20detik]

(bag/van)