Cerita Saksi soal Penyiraman Air Keras saat SOTR di Jatinegara

Matius Alfons - detikNews
Minggu, 03 Jun 2018 19:18 WIB
Lokasi Penyiraman AIr Keras saat SOTR di Jatinegara (Foto: Matius Alfons/detikcom)
Jakarta - Seorang hansip di Gang Otista IA, Temy, menjadi saksi mata aksi penyiraman air keras oleh rombongan yang diduga peserta sahur on the road (SOTR) terhadap Daniel Ksatria (27) di Jatinegara, Jakarta Timur. Selain penyiraman air keras, Temy juga melihat ada seseorang yang membawa celurit.

"Iya benar kejadian ada, katanya yang pakai baju merah itu yang nyiram air keras, nah ada juga yang menyabet celurit," kata Temy saat ditemui di Jalan Otista, Jatinegara, Jakarta Timur, Minggu (3/6/2018).


Temy mengatakan kejadian bermula sekitar pukul 12.30 WIB saat tiga orang korban lari ke arah gang Otista IA. Dia menyebut seorang pria terkena air keras dan dua lainnya tidak terkena apa-apa.

Dia kemudian menutup portal untuk menutup agar tak ada orang yang masuk ke gang tersebut. Setelah itu, dia keluar dan melihat seseorang berada dalam kondisi tergeletak.

"Nah abis itu, saya keluar, di situ udah ada tergeletak orang diceluritin," ujar dia.


Temy mencoba melerai keributan tersebut. Namun dia malah diancam akan dibunuh.

"Nah pas saya mau pegang misahin tuh si pelaku ngomong ke saya 'gue celurit lu, gue bunuh lu," papar dia.

Akhirnya Temy balik lagi ke pos. Tak lama berselang, para pelaku telah bubar dari lokasi. Temy menyuruh beberapa orang yang menjadi korban untuk dievakuasi.

"Terus itu yang diceluritin saya suruh temennya bawa ke klinik 20 meteran. Dari lokasi, di Jalan Otista Raya juga, nah yang ke siram air keras saya bawa ke minimarket saya siram pake air mineral," imbuhnya.

Selain itu, Temy menduga para pelaku merupakan geng motor yang hendak SOTR. Jumlah mereka ditaksir mencapai 60 orang.

"Saya melihat baju merah, terus bawa bawa bendera gitu, warna biru laut tapi nggak tahu bendera tulisan dan gambarnya apa, kayaknya geng motor dibarengin sama SOTR," ujar dia.

Pelaku penyiraman air keras itu saat ini telah ditangkap oleh polisi. Pelaku bernama MSS ditangkap oleh tim gabungan Resmob dan unit Krimum Polres Jaktim.

"Iya benar, pelaku sudah tertangkap," kata Kapolres Metro Jakarta Timur, Kombes Tony Surya Putra, saat dikonfirmasi detikcom.

Penangkapan dipimpin langsung oleh Kasat Reskrim Polres Metro Jaktim, AKBP Sapta Maulana. Pelaku merupakan seorang pelajar yang juga warga Duren Sawit, Jakarta Timur. Penangkapan tersebut dilakukan berdasarkan pemeriksaan sejumlah saksi dan rekaman CCTV di lokasi kejadian.

Seperti diketahui, kejadian penyiraman air keras terjadi di Jalan Otista Raya, Minggu (3/6) sekitar pukul 01.30 WIB dini hari. Kejadian bermula ketika korban bernama Daniel Ksatria (27)yang merupakan anggota pokdar Kecamatan Jatinegara tengah memantau adanya rombongan SOTR.

Saat korban hendak bertanya pada rombongan tersebut, tiba-tiba pelaku menyiramkan air keras. Belum ada penjelasan soal motif pelaku menyiramkan air keras kepada korban tersebut.

(knv/imk)