detikNews
Sabtu 02 Juni 2018, 19:52 WIB

Petugas Satpol PP dan Dishub akan Disiagakan Dekat Thamrin City

Mochamad Zhacky - detikNews
Petugas Satpol PP dan Dishub akan Disiagakan Dekat Thamrin City Barang bukti kasus pungli di dekat Thamrin City (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta - Camat Tanah Abang Dedi Arif Darsono memerintahkan jajaran Satpol PP dan Dinas Perhubungan DKI bersiaga di sekitar Thamrin City, Jakarta Pusat. Petugas Satpol PP dan Dishub akan disiagakan untuk menindak para pelaku pungli di kawasan tersebut.

"Mulai nanti malam saya minta Satpol PP sama Dishub cek ke lapangan untuk monitor juga. Polisi juga terus mengintensifkan karena kan itu jatuhnya pemerasan, ya. Jadi domainnya kepolisian untuk menangkap," kata Dedi saat dihubungi detikcom, Sabtu (2/6/2018).


Dedi mengakui ada sejumlah warga yang melakukan pungli di sekitar Thamrin City. Namun yang dia ketahui, warga di sana tidak sampai meminta puluhan ribu rupiah dan tidak memakai kupon palsu.

"Ini nggak benar nih. Mereka memang rutin, tapi nggak 'sehebat' sekarang, sampai minta Rp 10 ribu. Ini mereka terlalu berani, sudah kurang ajar. Saya juga baru dapat informasi kalau mereka pakai kupon segala," terang Dedi.


Biasanya mereka seperti 'Pak Ogah' yang berlagak mengatur lalu lintas. Dedi juga mengaku belum tahu apakah ada pihak yang memimpin operasi pungli di kawasan Thamrin City.

"Karena mereka biasa ngemel, kaya 'Pak Ogah' begitu, minta gope (Rp 500), Rp 1.000-2.000. Nah, ini pakai kupon, Rp 10 ribu, ada semua buktinya. (Soal ada atau tidak yang memimpin pungli) ini juga dicek sama Pak Kapolsek (Kapolsek Tanah Abang AKBP Lukman Cahyono)," ujar Dedi.

Sebelumnya diberitakan, pihak Polsek Tanah Abang sudah menangkap empat orang yang disinyalir melakukan pungli di kawasan Thamrin City. Tiga orang di antaranya sudah ditetapkan sebagai tersangka.
(zak/rna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com