DetikNews
Sabtu 02 Juni 2018, 03:20 WIB

Hari Lahir Pancasila Dijadikan Momen Lawan Terorisme di Banten

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Hari Lahir Pancasila Dijadikan Momen Lawan Terorisme di Banten Acara peringatan hari kelahiran Pancasila di Serang (Foto: Bahtiar Rivai/detikcom)
Serang - Umat lintas agama se-Kota Serang, Banten memperingati hari kehaliran Pancasila sebagai momen persatuan. Peringatan ini juga dijadikan momen bersatu melawan terorisme.

"Beberapa waktu lalu ada yang mencoba memorakporandakan sisi toleransi dan keberagamaan. sekarang kita sepakati bahwa yang mereka lakukan tidak mewakili agama manapun," kata Kapolres Serang Kota AKBP Komarudin di Serang, Banten, Jumat (1/6/2018).


Acara ini dihadiri perwakilan tokoh lintas agama. Mereka menyatakan Pancasila merupakan yang merupakan dasar negara bisa menjadi tali kasih antar umat beragama.

"Kita bersyukur bisa menjadi bangsa Indonesia. Bersyukur Pancasila jadi dasar negara, karena Pancasila mampu merekatkan tali kasih sesama manusia dalam nama NKRI," kata Matin Syarqawi perwakilan dari tokoh agama Islam.


Menurutnya, keberagaman bukan untuk saling menghina. Ia berharap semua pemeluk agama di Indonesia bisa nyaman beribadah sesuai ajarannya masing-masing.

"Di sini beragam, maka tidak pantas sesama makhluk menghina sesama makhluk. Pancasila sebagai falsafah negara, muslim nyaman ibadah, Hindu, Budha, Katolik, Protestan dan Khonghucu nyaman beribadah," ujarnya.

Selain itu, Benni Halim, yang merupakan tokoh agama Kristen mengatakan bahwa lewat Pancasila, sesama manusia dapat saling mencintai. Ia juga menilai lewat Pancasila manusia akan saling menghormati umat beragama, dan menolak pada aksi-aksi terorisme.

"Pancasila sudah final, membuat kita bersemangat beriman, membuat kita berbangsa satu," ucap Benni.
(haf/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed