Lokasi Kerangka Manusia Purba di Sulsel Mulai Didatangi Peziarah

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Kamis, 31 Mei 2018 12:30 WIB
Orang berdoa di tempat penemuan kerangka purba (taufiq/detikcom)
Maros - Lokasi penemuan kerangka manusia prasejarah yang diduga berumur 4.000 tahun menarik masyarakat. Sejak penemuan kerangka manusia ini, masyarakat setempat mulai berdatangan untuk melakukan doa.

Hal terlihat di lokasi penemuan kerangka di wilayah Simbang, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Kamis (31/5/2018). 4 Orang wanita mendatangi lokasi penggalian dan meminta izin untuk melakukan doa di atas kerangka manusia prasejarah itu.

"Minta izin mau mendoakan saja," kata seorang perempuan kepada tim arkeolog.

Pihak tim arkeolog pun memberikan izin kepada salah seorang perempuan untuk membacakan doa di atas kerangka itu. Salah seorang perempuan lalu turun membacakan doa.

"Mau baca doa saja. Ini kan orangtua kita dulunya," kata perempuan itu yang enggan disebut namanya itu.

Keempat juga sempat berfoto dan masuk ke dalam beberapa gua yang berada di dekat Gua Jarie dam kemudian pulang.

Sementara itu, anggota Tim Ahli Cagar Budaya MAros, lori berharap lokasi penemuan kerangka ini berfokus pada ilmu pengetahuan dan sejarah.

"Kita harapkan ini satu temuan tidak hanya bercerita sejarah tapi juga ilmu pengetahuan. Maros harus jadi pusat penelitian karena karst maros menyimpan petunjuk terhadap alur kehidupan manusia tempo dulu," terangnya.

"Kita bangga hasil penemuan ini. harapananya ini menjadi catatan semua orang baik lembaga baik berhubungan perbukala dan pariwisata dan lembaga ilmu pengetahuan lainnya," sambungnya. (fiq/asp)