Habib Rizieq Dicapreskan, Ini 10 Kriteria Capres PA 212

Niken Purnamasari - detikNews
Rabu, 30 Mei 2018 23:40 WIB
Foto: Hasan Al Habshy
Jakarta - Imam besar FPI Habib Rizieq Syihab menjadi capres yang direkomendasikan oleh Persaudaraan Alumni (PA) 212. Rizieq dinilai telah memenuhi 10 kriteria capres versi PA 212. Apa saja poinnya?

Sepuluh poin kriteria capres dan cawapres yang direkomendasikan PA 212 dibacakan dalam rakornas pada Selasa (29/5) oleh Ketum PA 212, Slamet Ma'arif. Poin pertama, calon harus beriman dan bertakwa kepada Allah SWT.

Selanjutnya, kriteria capres-cawapres yang dipaparkan PA 212 harus berjenis kelamin laki-laki dan telah dewasa (balig). Calon juga harus beragama Islam dan memiliki akhlak yang baik (akhlakul karimah).



Di poin selanjutnya, PA 212 menyebut capres-cawapres mereka mampu mengatasi rasa lapar dengan mengaplikasikan harta barang temuan 20 persen. Lalu jenjang pendidikan calon juga minimal harus strata-1 (S1).

Kriteria lain yang disoroti dalam poin tersebut adalah capres-cawapres berkomitmen menegakkan dan mengamalkan Pancasila yang termaktub dalam Pembukaan UUD 1945.

Selain itu, calon memiliki integritas dan keberanian membela agama, bangsa, dan negara serta berkomitmen menjaga NKRI.

Terakhir, PA 212 menulis poin kriteria capres tidak pernah terlibat dan termasuk dalam aliran sesat dan berpaham komunis.



Soal Habib Rizieq yang direkomendasikan jadi capres, Slamet mengatakan PA 212 berkomitmen untuk patuh dan tunduk kepada Habib Rizieq. Terutama mengenai keputusan-keputusan yang diambil Habib Rizieq.

"Semua peserta rakornas mayoritas menyepakati tunduk dan patuh dengan apa-apa yang menjadi keputusan imam besar umat Islam Indonesia," ujarnya dalam konferensi pers di aula Sarbini, Taman Wiladatika, Cibubur, Jakarta Timur, Selasa (29/5/2018). (nkn/tor)