Masinton Bela Ribka yang Dituding PKI: Alfian Tanjung Fitnah

Tsarina Maharani - detikNews
Rabu, 30 Mei 2018 15:22 WIB
Ribka Tjiptaning (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Setelah divonis bebas oleh hakim, terdakwa kasus ujaran kebencian Alfian Tanjung menuding politikus PDIP Ribka Tjiptaning-lah yang sebenarnya kader PKI dan harus ditangkap. Politikus PDIP Masinton Pasaribu menyebut tudingan Alfian tak beralasan.

"Pernyataan Saudara Alfian itu dari dulu tendensius. Tidak pernah berdasar. Atas dasar itu juga dia dilaporkan. Pernyataannya memang ngawur saja, dia tidak paham. Pernyataannya fitnah semua," kata Masinton di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (30/5/2018).


Masinton mengakui orang tua Ribka adalah seorang PKI. Namun itu tak otomatis membuat Ribka sebagai PKI. Menurut Masinton, Alfian juga tak mengerti sejarah.

"Bu Ribka itu bukan kader PKI. Orang tuanya yang PKI. Anaknya nggak dong. Sama seperti orang tua kita TNI, anaknya kan tidak otomatis jadi TNI," sebut anggota DPR yang duduk di Komisi III itu.

"Pada masa itu, PKI bukan partai terlarang dan dia masih kecil. Kemudian setelah dia dewasa mengambil pilihan politik, dia ke PDIP. Sejak kapan dia jadi PKI?" imbuh Masinton.


Alfian Tanjung divonis bebas dalam kasus ujaran kebencian dalam cuitan 'PDIP 85% isinya kader PKI' di Twitter. Alfian malah kemudian menuding politikus PDIP Ribka Tjiptaning-lah yang sebenarnya kader PKI.

"Sebenarnya pernyataan saya muncul kan cuplikan kader PKI yang bernama Ribka Tjiptaning. Justru dia harusnya ditangkap dan disidang," kata Alfian setelah menjalani sidang pembacaan vonis di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, hari ini.

[Gambas:Video 20detik]

(tsa/tor)