DetikNews
Minggu 27 Mei 2018, 11:21 WIB

Mengapa Harimau Ngamuk di Jambi? Ini 4 Kajian KLHK

Ferdi - detikNews
Mengapa Harimau Ngamuk di Jambi? Ini 4 Kajian KLHK Jejak harimau yang memangsa warga (SKW 1 BKSDA Jambi)
Jambi - Seekor harimau di Jambi mengamuk dan menyerang warga, Rukmayanti. Tim KLHK turun untuk mengetahui sebab-sebab sang harimau itu bisa turun gunung dan menyerang warga.

"Penyebab terjadinya konflik, kebutuhan harimau Sumatera akan makanan. Sumber makanan di habitat harimau sudah sangat kurang sehingga harimau keluar habitatnya untuk mencari makanan," kata Plt Kepala Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat KLHK, Agusman dalam siaran pers yang diterima detikcom, Minggu (27/5/2018).

Alasan kedua, saat ini marak perburuan satwa mangsa harimau. Ketiga, maraknya kegiatan perambahan dan illegal logging dalam habitat Harimau Sumatera yang mengakibatkan satwa tersebut terganggu.

"Satwa liat memasuki siklus tertentu. Fase penyapihan di mana induk harimau mengajarkan kepada anaknya untuk berburu dan mencari makan sendiri. Setelah anak harimau mampu mandiri, induk harimau akan melepaskan ketergantungan anaknya tersebut dari dirinya," ujar Agusman.

Sebelumnya, seekor harimau Sumatera pada Rabu (23/5) sore sekitar pukul 16.30 WIB menyerang seorang petani karet bernama Rukmayanti. Serangan secara tiba-tiba itu dilakukan harimau kepada korban saat hendak pulang berkebun.

Saat ini korban masih dirawat di rumah sakit umum Kerinci setelah berhasil diselamatkan oleh suaminya dari serangan harimau. Akibat serangan harimau tersebut, korban mengalami luka gigitan di bagian punggung dan cakaran di bagian pundak serta bagian wajah yang cukup parah.
(asp/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed