DetikNews
Jumat 25 Mei 2018, 20:07 WIB

KPK Nilai Artidjo Hakim yang Kembalikan Marwah MA

Nur Indah Fatmawati - detikNews
KPK Nilai Artidjo Hakim yang Kembalikan Marwah MA Laode M Syarif (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - KPK memuji sosok mantan Hakim Agung Artidjo Alkostar. Menurut KPK, Artidjo adalah sosok hakim yang mengembalikan marwah Mahkamah Agung (MA).

"Saya pikir pak Artidjo itu salah satu hakim yang berusaha mengembalikan marwah Mahkamah Agung. Nah, Mahkamah Konstitusi kita usahakan kembalikan marwahnya," kata Wakil Ketua KPK Laode M Syarif di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (25/5/2018).


Syarif juga mengaku sebagai salah satu orang yang diminta untuk menuliskan kesan di buku biografi Artidjo. Syarif menyampaikan terima kasih atas sumbangan Artidjo yang kerap mengabulkan tuntutan KPK dalam putusan-putusan yang diambilnya.

"Kami berterima kasih bahwa tuntutan yang disampaikan oleh KPK itu biasanya dikabulkan walaupun sampai ke Mahkamah Agung," ujar Syarif.


"Tetapi pada saat yang sama KPK juga selalu harus menghormati independensi pengadilan. Karena itu kita tidak pernah mau mengintervensi satu kasus. Silakan sesuai proses yang berjalan," imbuhnya.

Hakim Agung Artidjo Alkostar pensiun pada 22 Mei 2018. Selama 18 tahun Artidjo mengabdi, ia menangani belasan ribu perkara, termasuk kasus mantan Presiden Soeharto jadi salah satu yang paling diingat.
(nif/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed