DetikNews
Jumat 25 Mei 2018, 17:01 WIB

PDIP Nilai Indonesia Tak Perlu Tiru Malaysia Potong Gaji Menteri

Parastiti Kharisma Putri - detikNews
PDIP Nilai Indonesia Tak Perlu Tiru Malaysia Potong Gaji Menteri Bendahara Fraksi PDIP Alex Indra Lukman (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta - PDIP menilai Indonesia tak perlu meniru kebijakan pemotongan gaji menteri seperti yang diterapkan Malaysia. Menurut PDIP, sebaiknya Indonesia tak meniru negara lain.

"Sebaiknya jangan meniru-niru negara lain," kata Bendahara Fraksi PDIP Alex Indra Lukman kepada detikcom, Jumat (25/5/2018).


Ia mengatakan menteri di Indonesia diberi gaji Rp 18 juta per bulan. Menurutnya masyarakat harus bangga dengan para menteri yang terus bekerja siang malam untuk melayani rakyat.

"Banggalah dengan para menteri kita yang dengan Rp 18 juta per bulan bekerja siang malam untuk melayani rakyat," ujarnya.


Sebelumnya, PM Malaysia Mahathir Mohamad memangkas 10 persen gaji dari tiap menteri di kabinetnya. Selain mengurangi utang, pemangkasan gaji ini bertujuan mengurangi belanja pemerintah. Mahathir mengatakan utang nasional mencapai sekitar 65 persen dari GDP.

"Potongannya adalah pada gaji pokok menteri. Ini untuk membantu keuangan negara," ujar Mahathir saat konferensi pers setelah memimpin rapat mingguan kabinetnya yang pertama sejak dilantik menjadi perdana menteri pada 10 Mei lalu.
(yas/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed