DetikNews
Kamis 24 Mei 2018, 21:47 WIB

Jatuh Bangun Guru di Majalengka Ini Dapatkan Sepeda dari Jokowi

Ray Jordan - detikNews
Jatuh Bangun Guru di Majalengka Ini Dapatkan Sepeda dari Jokowi Guru Dana (paling kiri) (Foto: dok. Biro Pers Setpres)
Jakarta - Saat membagikan 1.012 Kartu Indonesia Pintar (KIP) di Gelanggang Generasi Muda (GGM) Majalengka, Presiden Joko Widodo membuka kuis berhadiah sepeda. Seorang guru harus rela jatuh-bangun untuk mendapatkan sepeda hadiah Presiden Jokowi tersebut.

Guru tersebut bernama Dana Wirya dari Kecamatan Cigangsong, Kabupaten Majalengka. Dia langsung unjuk jari saat Jokowi meminta hadirin menyebutkan 10 dari 17 ribu nama pulau di Indonesia.

Pantauan detikcom, Kamis (24/5/2018), Jokowi melihat Dana mengangkat tangan. Jokowi lantas meminta Dana maju ke panggung berdiri di sebelah.


Dana, yang mengenakan kemeja batik khas korps guru, terlihat antusias. Dia, yang duduk di tribun paling atas sebelah kanan Jokowi berdiri, langsung bangun dari duduknya dan mencari celah di antara tempat duduk guru lain untuk lewat.

Melihat Dana tergesa-gesa, Jokowi khawatir. Dia mengingatkan agar Dana melangkah perlahan agar tak jatuh.

"Awas, jatuh. Semangat sekali pak guru ini," kata Jokowi.

Dana tetap bergerak. Dia beberapa kali tampak melakukan langkah panjang untuk melintas di antara teman gurunya. Hingga pada satu momen, kakinya terpeleset. Badannya terhuyung ke belakang.

Beruntung, beberapa teman guru yang berada di belakangnya langsung menahan tubuh Dana. Bahkan seorang anggota Paspampres juga sempat menyambut tangan Dana agar tak terempas ke bawah. Melihat itu, Jokowi terkaget.

"Duh... duh.... Tuh kan, awas jatuh," kata Jokowi.

"Terlalu semangat, baru saja dibilangi hati-hati," imbuh Jokowi.


Kejadian itu tak menggoyahkan langkah Dana menuju panggung. Dia terus melangkah hingga akhirnya berdiri di sebelah Jokowi.

Saat itu, sudah ada dua orang siswa, yang satu SD dan satu lagi SMA, juga untuk menjawab pertanyaan Jokowi. Dana mendapat giliran terakhir.

Akhirnya tiba giliran Pak Guru untuk menjawab pertanyaan Jokowi. Namun, dalam menjawab, Dana mengalami sedikit kendala. Dia dua kali menyebut Pulau Kalimantan hingga menyebut nama Pulau Papua Nugini.

"Bukan Papua Nugini," kata Jokowi.

"Papua," kata Dana meralat jawabannya.

Jatuh Bangun Guru di Majalengka Ini Dapatkan Sepeda dari JokowiFoto: Dok. Biro Pers Setpres
Setelah beberapa kali salah menyebut, akhirnya Dana bisa menyebut 10 nama pulau di Indonesia, yakni Jawa, Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, Papua, Madura, Bali, Lombok, Batam, Nusakambangan, dan Tidore.

Setelah berhasil menjawab, Jokowi mempersilakan Dana dan kedua pelajar itu duduk kembali. Namun, setelah ketiga kembali duduk, Jokowi baru mengatakan akan memberikan hadiah sepeda.

"Karena sudah menjawab, maka saya beri hadiah sepeda. Sini ambil hadiah sepedanya," kata Jokowi.


Dana, yang sudah duduk di tribun, kembali beranjak dan bergegas turun. Namun, dalam usahanya itu, Dana nyaris terjatuh kembali. Badannya sempat terhuyung tapi tidak tumbang.

"Lo... loh...," kata Jokowi terkaget.

"Hati-hati, awas jatuh lagi," imbuh Jokowi.

Akhirnya Dana berhasil mendapatkan hadiah sepeda dari Jokowi. Dana terlihat bahagia. Dia sempat melambaikan tangan ke arah hadirin sambil memegang sepeda gunung berwarna hitam hadiah Presiden Jokowi.
(jor/rna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed