DetikNews
Kamis 24 Mei 2018, 16:54 WIB

Wah! Ada Laundry Gratis Kalau Iktikaf di Masjid Ini

Suherni Sulaeman - detikNews
Wah! Ada Laundry Gratis Kalau Iktikaf di Masjid Ini Masjid An Nahl The Icon BSD City menyediakan fasilitas laundry gratis untuk jemaah iktikaf. (Grandyos Zafna/detikcom)
- Salah satu fasilitas yang mungkin dianggap istimewa dan membedakan Masjid An Nahl The Icon BSD City dengan masjid lain adalah keberadaan fasilitas laundry gratis.

Ya, jemaah iktikaf berhak mendapat jasa mencuci pakaian kotornya secara cuma-cuma. Menurut Andi Subandi, panitia iktikaf Ramadan 2018 Masjid An Nahl, tidak ada ketentuan khusus bagi jemaah yang ingin mencuci pakaiannya.

Jika dirasa pakaian tersebut sudah kotor, bisa langsung diletakkan ke bak tempat cucian kotor yang telah disediakan panitia.

"Bagi jemaah yang pakaiannya sudah kotor, silakan disimpan di situ. Ketika baknya sudah penuh, itu langsung diantar ke tempat laundry," kata Andi saat ditemui detikcom sambil menunjuk bak tempat cucian kotor.



Dalam menyediakan layanan ini, Masjid An Nahl dibantu dua vendor laundry yang memang menginfakkan hartanya ke Masjid An Nahl dalam bentuk jasa cuci gratis bagi jemaah yang beriktikaf di masjid tersebut.

"Kita ada dua vendor yang menyediakan tempat laundry. Mereka berinfak juga, jadi tidak dibayar," terang Andi.

Jemaah yang merasa terbantu oleh fasilitas tersebut antara lain Rika Susanti (35), guru sekolah menengah pertama. Dia mengaku menjadi lebih fokus beribadah karena tak perlu memikirkan mencuci pakaian kotor.

"Tempatnya nyaman sekali, ada AC. Dan kami terbantu sekali dengan adanya laundry," ucapnya.

Selain laundry gratis. Wanita asal Lubuklinggau, Sumatera Selatan, itu menyukai program 'Klinik Alquran'. Ia berharap bisa memaksimalkan bulan suci ini dengan berbagai kegiatan positif yang ada di Masjid An Nahl, terlebih untuk kedua anaknya.

"Memang niatnya baik mengenalkan anak dengan masjid, mengisi Ramadan dengan kebaikan. Tempatnya juga dekat dengan rumah, dekat dengan sekolah, jadi pulang sekolah mereka bisa ke sini untuk belajar mengaji," sebutnya.



Fasilitas iktikaf Masjid An Nahl terbilang viral. Banyak di antara jemaah yang mengaku mengetahui informasi berbagai fasilitas di masjid ini melalui broadcast message di WhatsApp dan tertarik beriktikaf di sini.

Panitia masjid menyiapkan fasilitas yang terbilang mewah demi kenyamanan beribadah jemaah. Fasilitas tersebut antara lain ruangan ber-AC, lingkungan yang bersih, makanan berbuka puasa dan sahur gratis, makanan ringan, kopi, teh dan susu sepuasnya, akses free Wi-Fi 24 jam, serta laundry.

Selain program iktikaf 30 hari dengan didukung berbagai fasilitas, Masjid An Nahl mengadakan tarawih berjemaah, tahajud berjemaah, bimbingan belajar Alquran, serta kajian tafsir ayat-ayat malam Ramadan.

[Gambas:Video 20detik]


(hrn/rns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed