DetikNews
Kamis 24 Mei 2018, 12:15 WIB

Pemerintah Jamin RUU Antiterorisme Tak Langgar HAM

Tsarina Maharani - detikNews
Pemerintah Jamin RUU Antiterorisme Tak Langgar HAM Ruang paripurna DPR/Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Pemerintah menjamin pasal-pasal penindakan dalam revisi UU 15/2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme tidak melanggar hak asasi manusia (HAM). Pasal penindakan dalam RUU Antiterorisme disebut menjunjung tinggi nilai-nilai HAM.

"Nggak ada (pelanggaran HAM) sama sekali," ujar Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional Kemenkum HAM Enny Nurbaningsih, di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (24/5/2018).

Enny menjelaskan, penghargaan terhadap HAM disisipkan dalam semua pasal yang berkaitan dengan penindakan. Hal itu merujuk pada Pasal 2 yang tertuang dalam UU 15/2003.



"Kami tetap sempat memikirkan bagaimana menjunjung tinggi HAM di sini. Bahkan kuncinya ada 2. Pasal 2 itu sendiri sudah mengatakan, kita harus menjunjung tinggi HAM mengenai penanggulangan terorisme," jelas Enny.

"Kemudian dalam pasal terkait yang lainnya juga itu disisipkan khusus mengenai penindakan," imbuh dia.



Pasal 2 dalam UU 15/2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme itu berbunyi:

Pemberantasan tindak pidana terorisme dalam Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang ini merupakan kebijakan dan langkah-langkah strategis untuk memperkuat ketertiban masyarakat, dan keselamatan masyarakat dengan tetap menjunjung tinggi hukum dan hak asasi manusia, tidak bersifat diskriminatif, baik berdasarkan suku, agama, ras, maupun antargolongan.


(tsa/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed