DetikNews
Kamis 24 Mei 2018, 10:02 WIB

NasDem Ragu Koalisi Gerindra-PD-PKS-PAN Lawan Jokowi Terbentuk

Ibnu Hariyanto - detikNews
NasDem Ragu Koalisi Gerindra-PD-PKS-PAN Lawan Jokowi Terbentuk Sekjen NasDem Johnny G Plate (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Gerindra, Partai Demokrat (PD), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Amanat Nasional (PAN) siap berkoalisi untuk menantang Joko Widodo dalam Pilpres 2019. Partai NasDem menyinggung soal deklarasi serta program-program capres-cawapres koalisi tersebut.

"Iya deklarasikan dulu, belum deklarasi ini kan masih cair, yang paling penting deklarasi dulu dan memenuhi syarat-syarat yang diamanatkan oleh UU untuk result presiden. Pastikan dulu siapa capres-cawapresnya. Pastikan dulu apa programnya yang bisa disandingkan dengan Pak Jokowi selama ini bisanya cuma kritisi program Jokowi, tapi program sendiri belum ada belum disampaikan ke publik," kata Sekjen NasDem Johnny G Plate saat dihubungi, Rabu (23/5/2018) malam.



Johnny menilai keinginan berkoalisi itu baru sebatas pendapat perseorangan, bukan keputusan partai. Sebab, menurutnya, keempat partai itu belum secara resmi melakukan deklarasi mengusung capres-cawapres di Pilpres 2019.

"Kami justru bertanya apa benar terbentuk koalisinya, apakah itu masih pendapat satu-dua orang pimpinan fraksi atau partai atau satu, dua orang, kecenderungan ini kan penyataan perseorangan semua. Pendapat Gerindra pun yang secara resmi bukan dalam bentuk deklarasi belum, Pak Prabowo pun hanya menerima mandat, bukan deklarasi. Apalagi partai lain belum ada deklarasi. Saya lebih cenderung ini pendapat perseorangan, bukan sikap resmi partai," papar Johnny.



Johnny pun akan menyambut baik koalisi tersebut jika memang terealisasi. Namun, menurutnya, saat ini komunikasi politik di antara parpol tersebut masih dinamis.

"Kerja sama politik masih sangat dinamis, apakah itu dengan Demokrat, PAN masih dinamis, baik dengan poros sebelah dan poros Jokowi," tutur Johnny

"Masih selalu terbuka peluang kerja sama politik masih terbuka. Mungkin yang sulit dengan Gerindra dan PAN, yang sudah menyatakan secara terus terang akan bentuk itu," sambungnya.
(ibh/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed