DetikNews
Rabu 23 Mei 2018, 20:40 WIB

Pemuda Muhammadiyah Minta Polisi Ungkap Kasus Penyobekan Alquran

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Pemuda Muhammadiyah Minta Polisi Ungkap Kasus Penyobekan Alquran Ketua PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - PP Muhammadiyah mengecam tindakan penyobekan Alquran. Hal ini berawal dari video viral penemuan potongan kertas yang disebut lembaran Alquran tersobek-sobek dan berserakan di Jalan Gunawarman, Jakarta Selatan.

"Iya, tentu dong, pasti (PP Muhammadiyah mengecam aksi penyobekan Alquran)," kata Ketua PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak kepada wartawan di kantor PP Muhammadiyah, Jl Menteng Raya No 62, Jakarta Pusat, Rabu (23/5/2018).


Dahnil berharap umat Islam tidak terpancing emosinya akibat tindakan provokatif tersebut. Dia meminta umat Islam menahan diri.

"Pokoknya kondisi sekarang ini semua ada upaya provokasi maksimal. Makanya saran saya, umat Islam khususnya, jangan sampai terprovokasi. Tetap rawat akal sehat dan akhlak baiknya," ujarnya.


Ia juga meminta aparat penegak hukum mengungkap kasus dan menindak tegas pelaku.

"Kemudian kedua, tentu aparatur hukum harus tindak secara tegas siapa pelakunya karena sering kali kemudian jadi ramai, kemudian memprovokasi umat karena tindakan hukumnya nggak jelas," kata Dahnil.


Sebelumnya, potongan video kejadian ini viral di media sosial sejak Minggu (20/5) malam. Lokasinya disebut di Jalan Gunawarman, Blok S, Jakarta Selatan.

Potongan kertas yang disebut sebagai Alquran ini berserakan di jalan raya dan video itu diambil oleh seorang pria. Pria itu memvideokan potongan yang disebut lembaran Alquran yang berserakan di sepanjang jalan yang saat itu juga ramai dilintasi para pengguna jalan.


Atas peristiwa ini, Polda Metro Jaya membentuk tim gabungan untuk menyelidiki kasus tersebut. Tim terdiri atas anggota Ditreskrimum Polda Metro Jaya dan Polres Jakarta Selatan. Polisi juga telah memeriksa saksi terkait kasus tersebut.
(jbr/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed