DetikNews
Rabu 23 Mei 2018, 15:29 WIB

Sabu 5 Kg di Kargo Bandara Dibongkar, Pemesannya Napi Cipinang

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Sabu 5 Kg di Kargo Bandara Dibongkar, Pemesannya Napi Cipinang Ilustrasi (dok.detikcom)
Pekanbaru - BNN Provinsi Riau membongkar sindikat pengiriman sabu 5 Kg lewat kargo Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru. Dalam jaringan narkoba ini, 7 orang telah ditangkap.

"Penyelundupan sabu lewat jasa pengiriman yang dikendalikan napi di LP Cipinang. Namanya Toro alias Asiong," kata Kepala BNN Provinsi Riau, Brigjen M Wahyu Hidayat kepada wartawan, Rabu (23/5/2018).

Wahyu menjelaskan, awalnya pihak BNN Riau mengetahui adanya pengiriman paket sabu 5 Kg lewat jasa pengiriman pada Kamis (17/5) lalu. Sabu-sabu tersebut berasal dari Malaysia.

"Kita mendapat informasi adanya pengiriman paket sabu itu tidak langsung menyita. Petugas ikut serta terbang ke Jakarta mengawal alamat paket yang dituju ke Jakarta. Tim melakukan operasi 'control delivery' terhadap paket tersebut," kata Wahyu.

Setelah sampai di Jakarta, pihaknya langsung berkoordinasi dengan BNN Pusat. Dari pengungkapan jaringan itu, akhirnya ada 7 orang telah ditangkap.

"Awalnya yang ditangkap pertama tersangka AG yang akan menerima sabu di apartemen kawasan Jakarta Pusat," kata Wahyu.

Paket itu akan diterima BAM alias Bayu. Keduanya sebenarnya orang yang mengirim paket lewat kargo. Keduanya lebih awal berangkat dengan pesawat dan menunggu di alamat yang tertera di paket.

"Tersangka Bayu lebih awal ditangkap tim Polres Jakarta Barat, tapi sekarang sudah diserahkan ke kita," kata Wahyu.

Dari penangkapan dua orang tersebut, kata Wahyu, tim terus mengembangkannya. Walhasil menangkap lima pelaku lainnya, EC, EM, JK

"Jaringan ini dikendali napi di LP Cipinang," tutup Wahyu.
(cha/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed