DetikNews
Rabu 23 Mei 2018, 12:19 WIB

Artidjo di Mata Kolega: Ikon Integritas MA

Andi Saputra - detikNews
Artidjo di Mata Kolega: Ikon Integritas MA Artidjo Alkostar (ari/detikcom)
Jakarta - Artidjo Alkostar pensiun setelah 18 tahun jadi hakim agung. Di mata koleganya, Artidjo dikenal anti suap, bahkan menjadi ikon/simbol integritas Mahkamah Agung (MA).

"Bisa dipastikan tidak ada satu pun orang yang berani menyinggung, apalagi minta tolong mengenai perkara. Untuk urusan satu ini, menurut saya, beliu termasuk the icon of integrity Mahkamah Agung," kata hakim agung Syamsul Maarif kepada detikcom, Rabu (23/5/2018).

Testimoni itu juga dituangkan dalam dalam buku Artidjo Alkostar: Titian Keikhlasan, Berkhidmat untuk Keadilan, yang diterbitkan MA.

"Sedangkan dalam pergaulan, memang kita rasakan ada kesan Pak Artidjo bersifat pasif sehingga sering menimbulkan kesan beliau orang yag ignorant. Kesan ini akan lenyap setelah kita sering ngobrol dengan beliau," ujar hakim agung yang spesialis menangani kasus perdata khusus itu.

Syamsul mengenal Artidjo saat menjadi hakim agung pada 2008. Sebelumnya, ia hanya mendengar dari media massa. Setelah menjadi hakim agung, keduanya kerap bersidang bersama dalam kasus pidana. Tapi sejak ada pemisahan chamber secara ketat, mereka tidak lagi bersidang bersama.

Artidjo di Mata Kolega: Ikon Integritas MA

"Mudah-mudahan Pak Artidjo selalu sehat, bisa menyempatkan berbagi ilmu melalui tulisan, serta membagi pengalaman yang diperolehnya selama belasan tahun sebagai seorang pengadil," tutur Syamsul.

Artidjo menjadi hakim agung sejak 2 September 2000. Ia pensiun pada Selasa (22/5) kemarin karena menginjak usia 70 tahun.
(asp/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed