DetikNews
Rabu 23 Mei 2018, 08:35 WIB

Lagu #2019GantiPresiden Vs Tikus Got Ingin Ganti Presiden

Haris Fadhil - detikNews
Lagu #2019GantiPresiden Vs Tikus Got Ingin Ganti Presiden Baju kaus #2019GantiPresiden (Arief Ikhsanudin/detikcom)
Jakarta - Lagu '#2019GantiPresiden', yang muncul belakangan ini, menimbulkan beragam komentar. Kini, muncul pula lagu bertema pilpres lain berjudul 'Tikus Got Ingin Ganti Presiden'.

Untuk yang pertama, lagu '#2019GantiPresiden' dinyanyikan oleh Sang Alang. Keberadaan lagu itu pun menimbulkan pro-kontra dari sejumlah pihak.

Suara pro muncul--misalnya--dari Wakil Ketua DPR Fadli Zon, yang memuji lagu tersebut. Ia mengaku sudah mendengar lagu itu berkali-kali.


"Lagu hashtag #2019GantiPresiden itu saya suka. Saya dengerin belasan kali, tuh," kata Fadli di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (21/5) lalu.

Lain Fadli, lain pula Alex Indra Lukman. Politikus PDIP itu menyebut lagu '#2019GantiPresiden' mirip dengan lagu berjudul 'Better Man', yang dipopulerkan Robbie Williams. Alex juga menyebut lagu '#2019GantiPresiden' serta kelompok yang mempopulerkan lagu itu tidak jelas.

"Terdengar mirip sih lagunya. Harusnya dengan pelaporan John Paul Ivan (gitaris Boomerang yang marah karena disebut menciptakan lagu itu), maka pencipta lagu sebenarnya harus berani muncul ke publik," ucap Alex.


"Sama nggak jelasnya dengan pencipta lagu tersebut sampai berujung pelaporan ke kepolisian. Akibat nggak punya visi-misi, sehingga mau ganti presiden hanya dengan emosi sehingga bermodalkan tagar doang," sebut dia.

Bagi yang penasaran, ini lirik lagu #2019GantiPresiden:

Dulu kami hidup tak susah
Mencari kerja sangat mudah

Tetapi kini, pengangguran
Semakin banyak nggak karuan

10 juta lapangan kerja
Tetapi bukan untuk kita

Kerja, kerja, kerja, buruh aslinya kerja
Anak, anak, bangsa tetap nganggur aja

Di sana-sini orang menjerit
harga-harga selangit hidupnya yang sulit

Sembako naik, listrik naik
Di malam buta bbm ikut naik

(buset)...

Pajak mencekik usaha sulit
Tapi korupsi subur pengusahanya makmur

Rumah rakyat kau gusur, nasib rakyat yang kabur
Awas awas kursimu nanti tergusur

Beban hidup kami sudah nggak sanggup
Pengennya cepat-cepat tahun depan

2019 ganti presiden
Kuingin presiden yang cinta pada rakyatnya

2019 ganti presiden
Kuingin presiden yang tak pandai berbohong

2019 ganti presiden
Kuingin presiden yang cerdas gagah perkasa

2019 ganti presiden
Bukan presiden yang suka memenjarakan ulama
Dan rakyatnya ye ye

Beban hidup kami udah nggak kuat
Maunya cepat-cepat tahun depan.

Seperti ingin menandingi lagu '#2019GantiPresiden', politikus Hanura Inas Nasrullah Zubir menciptakan lagu yang menyindir pihak yang ingin mengganti presiden. Ia menyatakan lagu itu adalah asli karyanya dan tak menjiplak musisi mana pun.


"Kalau ini nggak njiplak, asli karya saya. Iya (karya saya)," ujar Inas.

"Lagu dan syair dibuat 1 minggu yang lalu dan diaransemen oleh Ahmad Sebastio. Aransemen 2 hari yang lalu," sebut Inas.

Kemunculan lagu itu pun dikomentari anggota Badan Komunikasi DPP Gerindra Andre Rosiade. Menurutnya, lagu ciptaan Inas itu menunjukkan pendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) mulai kebakaran jenggot.

"Kan sekarang lagu '#2019GantiPresiden' sudah menjadi viral. Wajar kalau para pendukung Presiden kebakaran jenggot bikin lagu tandingan," kata Andre kepada detikcom.

Berikut ini lirik lagu ciptaan Inas:

Akan jadi apa negeri ini yang tercinta
Semua kampret, kecoa, dan tikus got pengen banget ganti presiden

Akan jadi apa bangsaku yang dulu jaya
Semua kampret, kecoa dan tikus got pengen banget ganti presiden

Jangan sering ngoak, nanti otak lo berkerak
Lebih baik lo mingkem daripada bikin isu bohong

Reffrain:
Walalalalau walalalalau walalalalau semuanya gombal

Walalalalau walalalalau walalalalau semuanya gomba...a...al

Akan jadi apa bangsaku yang dulu jaya
Semua kampret, kecoa dan tikus got pengen banget ganti presiden

Jangan sering ngoak, nanti otak lo berkerak
Lebih baik lo diem daripada ngomong kosong

Walalalalau walalalalau walalalalau semuanya gombal

Walalalalau walalalalau walalalalau semuanya gomba...a...al

Walalalalau walalalalau walalalalau semuanya gombal

Walalalalau walalalalau walalalalau semuanya gomba...a...al

Gila, sinting, edan, gila. Apa sih mau lo semua, bingung gue

Walalalalau walalalalau walalalalau.

Nah, mana menurut Anda yang lebih bagus?


Lagu #2019GantiPresiden mirip dengan lagu Robbie Williams? Tonton videonya:


(haf/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed