detikNews
Selasa 22 Mei 2018, 15:00 WIB

MUI dan Kemenag Segera Umumkan Nama Tambahan Rekomendasi Mubalig

Faiq Hidayat - detikNews
MUI dan Kemenag Segera Umumkan Nama Tambahan Rekomendasi Mubalig Foto: Ketua Komisi Dakwah MUI Pusat Cholil Nafis. (Faiq-detikcom)
Jakarta - Ketua Komisi Dakwah MUI Pusat Cholil Nafis bertemu Menteri Agama Lukman Hakim membahas 200 mubalig rekomendasi Kemenag. Nama-nama tambahan penceramah itu segera diumumkan.

"Dalam waktu dekat juga tidak lebih seminggu dari sekarang kita juga akan umumkan tambahan dari orang-orang yang di-recomended untuk menjadi dai atau untuk menyampaikan tablignya," ujar Cholil usai bertemu Menag di Kantor MUI, Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Selasa (22/5/2018).


Cholil menyatakan Kemenag dan MUI akan bekerja sama untuk pendataan nama-nama penceramah. Oleh sebab itu, MUI akan mengundang ormas Islam untuk mendata penceramah.

"Insyaallah dalam waktu dekat kami akan mengundang ormas-ormas untuk menyampaikan data-data dainya kita akan verifikasi bersama dan akan di-publish nama-nama berikut yang di-recomended. Jadi yang tak tertera dalam tulisan 200 itu bukan berarti tidak recomended tapi belum di-recomended," tutur Cholil.


Selain itu, Cholil menyatakan MUI dan Kemenag sepakat adanya standarisasi penceramah. Tujuannya, penceramah harus mempunyai level mulai Internasional hingga daerah.

"Sepakat antara MUI dengan Kemenag bahwa dai itu perlu standarisasi. Saya ulangi, kesepakatan kami MUI sepakat dengan kemenag bahwa di Indonesia perlu standarisasi dai. Kalau kita ukur pada tingkat level internasional, nasional dan daerah atau provinsi atau kabupaten kota itu perlu," tutur dia.
(fai/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed