DetikNews
Selasa 22 Mei 2018, 12:26 WIB

Gubernur Soni: Jembatan Maros Selesai Sebelum Lebaran

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Gubernur Soni: Jembatan Maros Selesai Sebelum Lebaran Kunjungan detikcom menemui Plt Gubernur Sulsel membahas jembatan mangkrak (ist.)
Makassar - Jembatan mangkrak di Bonto Matinggi, Kabupaten Maros akhirnya digarap secara gotong royong agar dapat segera dinikmati oleh masyarakat. Plt Gubernur Sulsel Soni Sumarsono menginginkan jembatan ini selesai sebelum lebaran.

"Nanti diselesaikan sebelum lebaran, biar saya resmikan jembatan gotong royong ini," kata Soni.
Gubernur Soni: Jembatan Gotong Royong Selesai Sebelum Lebaran

Hal itu disampaikan Soni saat menerima detikcom di rumah jabatan Gubernur Sulsel, Makassar akhir pekan lalu. Dalam pertemuan itu, detikcom menyampaikan para pembaca detikcom ikut berpartisipasi menyelesaikan jembatan mangkrak tersebut dengan memberikan donasi Rp 206 juta.


Soni mengatakan pembangunan jembatan jangan dilihat terpisah yaitu hanya jembatan semata. Tetapi ada juga akses jalan menuju jembatan itu yang juga harus diperbaiki. Oleh karenanya, semua pihak dapat terlibat dalam pembangunan jembatan itu.

"Sehingga semangat gotong royong tidak mati. Inisiatif yang baik jangan dimatikan," tegasnya.

Gubernur Soni: Jembatan Gotong Royong Selesai Sebelum Lebaran

"Biar memacu masyarakat Sulsel untuk menyadarkan bahwa saudara ada yang kesulitan meski di Maros. Semua merasa saudara saya, kita semua bersaudara. Ini yang kita bangun konteks itu, dari Indonesia untuk Maros, dan dari Maros untuk Indonesia," sambung Soni.


Dalam pembangunan jembatan ini, Soni memerintahkan agar dibuat matriks pembangunan sehingga dapat dipanatu terus. Seperti berapa porsi bantuan dari masyarakat dan pembaca detikcom, lalu dari dana desa, pemerintah Kabupaten Maros ,dan pemerintah Provinsi Sulsel.

"Ukurannya sebelum lebaran sudah bisa dilihat. Nyaman dan indah. Selama bulan puasa harus selesai dan diresmikan," kata Soni menegaskan.

Nantinya, jika jembatan telah Selesai, maka Soni berinisatif untuk mengadakan camping di wilayah itu. Dia menganggap pemandangan di dekat jembatan mangkrak sangatlah indah.
Gubernur Soni: Jembatan Gotong Royong Selesai Sebelum Lebaran

"Habis lebaran kita cari jadwalnya untuk camping di sana sama-sama," ujar Soni bersemangat.

Di sisi lain, pembangunan akhirnya dilaksanakan sejak Senin (21/5) kemarin. Bahkan Bupati Maros datang langsung ke lokasi dan menyumbangkan alat berat untuk mempercepat pekerjaan. Masyarakat seluruhnya bekerja bahu membahu menyelesaikan pekerjaan jembatan yang sangat dibutuhkan masyarakat setempat.
(fiq/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed