DetikNews
Senin 21 Mei 2018, 18:29 WIB

Cak Imin Kutuk Penyerangan Jemaah Ahmadiyah di Lombok

Muhammad Idris - detikNews
Cak Imin Kutuk Penyerangan Jemaah Ahmadiyah di Lombok Foto: Ristu Hanafi/detikcom
Jakarta - Wakil Ketua MPR Abdul Muhaimin Iskandar mengecam penyerangan jemaah Ahmadiyah di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), yang terjadi Minggu (20/5/2018) pagi.

Menurut Muhaimin alias Cak Imin, selain mencoreng demokrasi, yang sejatinya merangkul perbedaan, insiden itu juga bertentangan dengan semangat Ramadan. Pada bulan suci ini seharusnya umat Islam menebarkan cinta kasih dan mengeratkan tali silaturahmi.

"Kami mengecam tindakan teror, perusakan, dan pengusiran yang dilakukan kepada jemaah Ahmadiyah. Bulan Ramadan ini seharusnya memperbanyak ibadah dan minta ampun," ujar Cak Imin dalam keterangan tertulis, Senin (21/5).


Supaya menciptakan suasana kondusif, Cak Imin meminta aparat keamanan bertindak tegas mencari dalang di balik penyerangan tersebut. Dia mengimbau kepada seluruh pihak supaya tidak terpancing oleh berbagai macam provokasi bernada kebencian dan intoleran, yang mengakibatkan hilangnya hak-hak jemaah Ahmadiyah.

"Jangan biarkan tindakan perusakan ini menjadi pembenaran bagi kelompok radikal ketika ada aliran yang berbeda dari mereka. Perlu dicamkan baik-baik, demokrasi yang kita anut meniscayakan segala perbedaan, baik aliran, agama, suku, maupun ras," tegas Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa tersebut.

Diketahui, penyerangan terhadap jemaah Ahmadiyah di Lombok Timur oleh sekelompok massa mengakibatkan delapan rumah rusak, empat sepeda motor hancur, dan 24 orang dievakuasi ke kantor Polres Lombok Timur.


(idr/mpr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed