DetikNews
Senin 21 Mei 2018, 15:03 WIB

DPR Rapat Bahas Daftar Pemilih dengan KPU-Bawaslu

Tsarina Maharani - detikNews
DPR Rapat Bahas Daftar Pemilih dengan KPU-Bawaslu Rapat Komisi II DPR dengan KPU-Bawaslu-Kemendagri (Foto: Tsarina Maharani/detikcom)
Jakarta - Komisi II DPR hari ini menggelar rapat bersama KPU dan Bawaslu. Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri, Zudan Arif Fakrulloh turut hadir di rapat ini.

Rapat digelar di Gedung Nusantara I, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (21/5/2018). Ketua Komisi II Zainudin Amali menyebut, rapat membahas soal daftar pemilih sementara dan tetap (DPS/DPT) menjelang Pilkada 2018 dan Pemilu 2019.


"Hari ini hanya khusus untuk DPS dan DPT. Kita mau tuntaskan semua keluhan-keluhan tentang daftar pemilih khususnya untuk masuk pilkada," kata Amali sebelum rapat dimulai.

"Sekarang ini kita mau dengarkan itu dan kita pertemukan baik pemerintah maupun penyelenggara," imbuh dia.

Komisioner KPU Viryan mengatakan ada sekitar 800 ribu pemilih yang diduga belum memiliki KTP elektronik atau e-KTP. Dia berharap segera ada jalan keluar dari kasus ini.

"Pertama, masih ada sekitar 800 ribu pemilih yang masuk kategori belum memiliki KTP elektronik atau dimungkinkan belum memiliki.
Kedua, kita berharap pemilih pemula yang belum memiliki e-KTP atau suket (surat keterangan) agar didapatkan jalan keluar," ujar Viryan.

Jajaran KPU yang hadir dalam rapat ialah Ketua KPU Arief Budiman didampingi Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi, Viryan, dan Evi Novida Ginting. Sementara itu pimpinan Bawaslu yang hadir ialah Fritz Edward Siregar.
(tsa/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed