DetikNews
Senin 21 Mei 2018, 14:19 WIB

Ketua DPR Minta Komisi VIII Panggil Menag soal Daftar 200 Mubalig

Tsarina Maharani - detikNews
Ketua DPR Minta Komisi VIII Panggil Menag soal Daftar 200 Mubalig Ketua DPR Bambang Soesatyo (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta Komisi VIII DPR yang membawahi bidang agama segera memanggil Kementerian Agama (Kemenag) terkait rekomendasi 200 penceramah. Bamsoet berharap Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin bisa memberikan penjelasan soal hal tersebut.

"Saya mendorong nanti Kemenag dan komisi terkait untuk segera mengadakan rapat dan meminta penjelasan Menag," kata Bamsoet di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (21/5/2018).


Alasannya, rilis daftar nama itu dikhawatirkan menimbulkan keresahan di kalangan ulama/kiai. Walaupun Bamsoet juga meyakini ada tujuan baik di balik kebijakan Kemenag tersebut.

"Menjelaskan secara terbuka kepada publik agar tidak ada lagi keresahan di antara para ulama kita," ujar dia.

"Sebetulnya apa yang dilakukan Menteri Agama pasti niatnya baik. Tapi yang kita khawatirkan adalah usaha untuk menyelesaikan masalah justru menimbulkan masalah baru," imbuh Bamsoet.


Sebelumnya, Kemenag menjelaskan daftar ini dibuat guna melayani masyarakat terkait daftar mubalig atau penceramah. Kemenag menegaskan daftar ini akan terus diperbarui.

"Itu rilis awal, kami update berikutnya," kata Dirjen Bimas Islam, Muhammadiyah Amin saat dimintai konfirmasi detikcom, Sabtu (19/5).
(tsa/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed