Kesalnya Warga Makassar ke Koruptor yang Ditangkap di Hotel Mewah

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Senin, 21 Mei 2018 11:16 WIB
Foto: Taufhan ditangkap kejaksaan (ist)
Makassar - Koruptor proyek Pasar Pa'Baeng-baeng Makassar, Taufhan Ansar Nur ditangkap di hotel mewah Jakarta usai berbuka puasa. Setelah uang renovasi pasar senilai Rp 12,5 dikorupsi Thaufan, pasar Pa'Baeng-baeng Makassar kini terlihat makin kumuh.

Pasar Pa'Baeng-baeng Makassar terletak di Jalan Sultan Alauddin I, Makassar, Sulsel. Pasar ini berada di pinggiran jalan dan menjadi salah satu pasar tradisional yang besar di Makassar.


Seperti halnya pasar tradisional lainnya, pasar ini masih berasal tanah dan los-los penjual hanya berukuran 3 X 3 meter. Berbagai macam penjual ada di pasar ini, seperti penjual sayuran, daging, ikan, dan keperluan sehari-hari.

Tidak hanya di los, beberapa pedagang lainnya memilih berjualan di pinggir jalan dan tepi aliran irigasi Makassar, yang membuat pasar ini terlihat semakin kumuh.

"Tadinya kan dijanjikan akan dibangun losnya dan katanya mau dibuat bertingkat. Tapi uangnya dibawa lari sama di Thaufan itu," kata salah seorang penjual di Pasar Pa'baeng-baeng, Daeng Amir di Makassar, Senin (21/5/2018).

Daeng Amir mengatakan banyak penjual yang kesal atas raibnya uang renovasi pasar. Seharusnya, jika berjalan lancar, maka mereka dapat los yang lebih bagus.

"Mau diapa lagi? Uangnya sudah tidak ada. Jadi ya kami tetap tidak dapat perubahan apa-apa di pasar," terangnya.

Rencananya pemerintah Kota Makassar kembali akan membangun pasar ini pada tahun 2019.

"Saya dengar akan dibangun bertingkat. Tapi tidak tahu kelanjutannya," kata Daeng Amir.
Kesalnya Warga Makassar ke Koruptor yang Ditangkap di Hotel Mewah

Pedagang lainnya, Sitti (48), mengaku tidak mengetahui bahwa Thaufan telah ditangkap oleh penegak hukum di sebuah hotel mewah di Jakarta.

"Sudah ditangkap? Suruh kembalikan uang untuk bangun pasar!" tegas Sitti.

Sebelumnya, Kejaksaan menangkap Taufhan pada Jumat (18/5) lalu di Jakarta.

"Intel kejaksaan berhasil mengamankan DPO Taufhan Ansar Nur pada Jumat (18/5) pukul 18.35 WIB di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, seusai buka bersama," ujar Jamintel Kejagung, Jan S Maringka.

Taufhan langsung dijebloskan ke penjara. Taufhan merupakan buron ke-108 yang terjaring Operasi Tangkap Turonan (Operasi Tabur 31.1). (fiq/asp)