DetikNews
Senin 21 Mei 2018, 09:49 WIB

Setya Novanto akan Jadi Saksi di Sidang Anang Sugiana

Faiq Hidayat - detikNews
Setya Novanto akan Jadi Saksi di Sidang Anang Sugiana Setya Novanto (Foto: Ari Saputra)
Jakarta - Mantan Ketua DPR Setya Novanto akan menjadi saksi di sidang kasus korupsi e-KTP dengan terdakwa eks Dirut PT Quadra Solution, Anang Sugiana Sudihardjo. Selain itu, keponakan Novanto, Irvanto Hendra Pambudi Cahyo dan pengusaha Made Oka Masagung juga akan menjadi saksi.

"Saksi ada tujuh orang di antaranya Setya Novanto, Made Oka Masagung dan Irvanto," ujar jaksa KPK di Pengadilan Tipikor, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta, Senin (21/5/2018).


Novanto sudah tiba di lokasi dan menunggu di ruang saksi VIP. Novanto, yang menggunakan kemeja batik cokelat, tak memberikan komentar apapun.

Dalam kasus ini, Anang Sugiana didakwa mendapatkan aliran duit terkait korupsi proyek e-KTP. Jaksa KPK menyebut perusahaan Anang itu mendapatkan Rp 79.039.861.630 dari proyek e-KTP.

Jaksa KPK juga menyebutkan konsorsium PNRI memberikan komitmen fee untuk DPR dan mantan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi dari proyek e-KTP. Masing-masing mendapatkan komitmen fee dari konsorsium PNRI sebesar 5%.


Awalnya, eks Dirut PT Quadra Solution Anang Sugiana, Andi Narogong, eks Dirut PNRI Isnu Edhi Wijaya, Dirut PT Sandipala Arthapura Paulus Tanos, dan bos PT Biomorf Johannes Marliem bertemu membahas pembagian tugas pemenuhan komitmen fee untuk pihak tertentu.

PT Quadra Solution mempunyai kewajiban memberikan komitmen fee untuk Setya Novanto selaku Ketua Fraksi Golkar DPR dan anggota DPR lainnya sebesar 5%. Komitmen fee tersebut dari nilai proyek e-KTP.
(fai/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed