DetikNews
Senin 21 Mei 2018, 07:01 WIB

Lepas, Ular Piton 8 Meter Kok Hanya Diikat?

Haris Fadhil - detikNews
Lepas, Ular Piton 8 Meter Kok Hanya Diikat? Foto: Ular piton raksasa sepanjang 8 meter bikin geger warga Sumsel (Screenshot video Husni Awal)
Jakarta - Warga Panukal Abab Lematang Ilir (Pali), Sumatera Selatan berhasil menangkap ular piton sepanjang 8 meter yang diduga sebagai dalang di balik hilangnya sejumlah ternak ayam dan anak kambing. Namun, ular yang sempat ditangkap itu kembali lepas.

Penangkapan piton itu dilakukan warga pada Kamis (17/5) lalu.

Saksikan juga video ular piton raksasa yang ditangkap warga Sumsel di sini:


Proses penangkapan tersebut memakan waktu 3 jam dan membutuhkan tenaga dari 4 orang warga yang memburu ular di semak belukar. Akhirnya, ular tersebut berhasil ditaklukkan saat melintas di di dekat perkampungan padat penduduk di Desa Sungai Limpah, Talang Ubi.


"Lebih panjang ularnya dari pada lebar bahu jalan. Warga tidak berani nangkap sendirian, jadi ada sekitar 4 orang yang ikut menangkap. Ularnya sangat liar dan sempat mencoba melilit warga juga," kata salah satu warga, Sartono saat dihubungi detikcom, Minggu (20/5/2015).

Setelah ditangkap, piton raksasa itu diserahkan ke Kepala Dusun II Desa Sungai Limpah, Ali Sipin. Ular itu diikat oleh Sipin dan kemudian menjadi tontonan warga mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Nahas, ular piton raksasa yang diikat itu lepas Minggu dini hari. Ia menyatakan ular tersebut berhasil melepaskan diri dari tali pengikat yang dibuat warga.


Ular itu memang tak diikat kencang oleh Sipin dan warga karena khawatir ular tersebut bisa mati. Sipin juga menyatakan mulut ular tersebut tak ditutup.

"Ularnya sudah lepas. Tadi saya bangun jam 03.00 WIB pas orang sahur udah nggak ada lagi di depan rumah. Lepas dari pengikatnya, bukan tali yang putus," terang Sipin.

Tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Selatan pun turun tangan. Kepala BKSDA Sumsel Genman P Hasibuan meminta warga tetap waspada sebab ukuran piton panjang 8 meter itu tak biasa, dan mampu memangsa manusia hingga satu ekor kerbau.

"Sepertinya ular baru saja makan, karena gerakannya kalau saya lihat di video yang beredar terlihat lambat dan itu bukanlah gerakan ular piton normal. Jika melihat ukurannya, ular piton itu sanggup untuk memangsa manusia, bahkan satu ekor kerbau pun bisa," urai Genman.

[Gambas:Video 20detik]


(haf/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed