DetikNews
Kamis 17 Mei 2018, 22:14 WIB

SOTR Picu Pengemis dan Manusia Gerobak Turun ke Jalan

Herianto Batubara - detikNews
SOTR Picu Pengemis dan Manusia Gerobak Turun ke Jalan Kepala Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta Masrokhan/(Foto: dok. Istimewa)
Jakarta - Pemprov DKI mengimbau warga tak melakukan kegiatan sahur on the road (SOTR). Kegiatan bagi-bagi saat SOTR memicu datangnya pengemis dan manusia gerobak turun ke jalanan.

Kepala Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta Masrokhan mengemukakan, jika ingin menunjukkan kepedulian sosial dengan cara berbagi, warga bisa memberikannya ke lembaga atau yayasan sosial yang tepercaya. Hal itu juga bertujuan agar bantuan dapat didistribusikan kepada warga yang berhak.

"Sesuai arahan Pak Wakil Gubernur DKI agar warga tidak melakukan aktivitas sahur on the road. Pak Wagub juga kasih opsi dengan menyiapkan beberapa lokasi untuk warga yang ingin berbagi, lokasi yang telah disediakan itu berpusat di masjid-masjid sekitar," ujar Masrokhan dalam keterangannya kepada detikcom, Kamis (17/5/2018).



Ia melanjutkan, dengan melihat aktivitas SOTR pada tahun-tahun sebelumnya, peserta SOTR kerap membagikan makanan di pinggir jalan. Hal itu menimbulkan efek sosial karena warga dari luar daerah akan berbondong-bondong mengemis di Jakarta.



"Tentu itu berpotensi pada semakin menjamurnya PMKS (penyandang masalah kesejahteraan sosial) di Jakarta," katanya.

Masrokhan mengimbau, sebaiknya bantuan diberikan ke yayasan sosial. Menurutnya, bantuan yang diberikan dalam SOTR kerap tidak tepat sasaran dan malah dimanfaatkan pengemis musiman.

"Masyarakat bisa memberikan bantuan ke yayasan yatim-piatu atau yayasan sosial lainnya dengan memberikan sesuatu yang lebih bermanfaat. Jadi kepedulian itu bisa lebih bermakna," ujar Masrokhan.
(rvk/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed