DetikNews
Rabu 16 Mei 2018, 16:53 WIB

Modus Baru, Miras Oplosan di Bekasi Dijual Via WhatsApp

Isal Mawardi - detikNews
Modus Baru, Miras Oplosan di Bekasi Dijual Via WhatsApp Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Indarto (Isal/detikcom)
Jakarta - Polisi mewaspadai peredaran minuman keras oplosan menjelang Ramadan. Terlebih, saat ini penjual tak mengedarkannya secara terang-terangan di warung, melainkan menggunakan WhatsApp.

"Jadi pembeli dan penjual akan teleponan, 'oke ketemuan di mana?', '(posisi) di pertigaan ini' dia pakai motor, terus kasih (mirasnya). (Komunikasi dengan pembeli) telepon dan WhatsApp-an," jelas Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Indarto kepada wartawan di kantornya, Kota Bekasi, Rabu (16/5/2018).

Jadi penjual kini tidak mengedarkan miras oplosan di warung jamu, melainkan secara mobile by order.

"Jadi modus baru, jual mirasnya nggak di kios, tapi jualnya di motor, ditaruh di tas, terus mobile naik motor. Dikasih ke pelanggan, mobile lagi, dikasih ke pelanggan, mobile lagi," kata Indarto.



Ia mengungkap salah satu pengedar miras oplosan modus ini, yakni di wilayah Pondok Gede, Kota Bekasi. Kasus itu terungkap ketika polisi hendak menggerebek tokonya tapi ternyata sudah tutup.

"Lho kok ada informasi begini? (Tetap jualan meski tidak ada toko, red), ada informasi tambahan ternyata yang jual pakai motor, pakai tas. Janjian (dengan pembeli) aja dikasih dua botol tiga botol, terus dia antar, janjian sistem online," tuturnya.



Meski modus baru ini diyakini bakal merambah. Indarto yakin pihaknya tidak akan kecolongan. Ia sudah memiliki jaringan informan yang akan memberikan informasi soal penjualan miras oplosan modus baru ini.

"Tapi jangan khawatir, kami juga punya informan-informan yang akan memberitahukan itu," imbuhnya.

Ia menegaskan pihaknya akan menindak penjual dan pengguna miras oplosan ini.

"Dan pasti saya tahan. Satu botol, dua botol, saya tahan, nggak ada ampun. Tuntutannya bukan satu-dua bulan, tapi tahunan," tuturnya.
(mei/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed