DetikNews
Rabu 16 Mei 2018, 10:01 WIB

Kejari Jakbar Tangkap Buron Kasus Penipuan Miliaran Rupiah

Arief Ikhsanudin - detikNews
Kejari Jakbar Tangkap Buron Kasus Penipuan Miliaran Rupiah Eka Sinto Kasih Tjia ditangkap Kejari Jakbar. (Foto: dok. Kejaksaan Negeri Jakarta Barat)
Jakarta - Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Barat mengamankan buron kasus penipuan dengan terpidana Eka Sinto Kasih Tjia. Sebelum akhirnya ditangkap, Eka sempat menjadi buron selama hampir satu setengah tahun.

Eka diputus bersalah oleh Mahkamah Agung dengan nomor putusan 682 K/PID/2016 pada 22 September 2016. Dia dijatuhi hukuman kurungan selama 2 tahun 8 bulan.



Eka menipu korbannya dengan mengatakan punya lahan dengan cadangan batu bara pada 2011 dan akan dijual. Akhirnya, korban mentransfer uang sebesar USD 600 ribu dan sekitar Rp 5 miliar kepada Eka.

"Setelah putusan itu, dia selalu berpindah-pindah tempat," ucap Kasi Intel Kejaksaan Negeri Jakarta Barat, Teguh Ananto, dalam keterangannya, Rabu (16/5/2018).

Setelah itu, Kejari Jakarta Barat mendapat informasi bahwa Eka berada di apartemen Kedoya Elok, Jakarta Barat. Tim dari Kejaksaan pun langsung mendatangi lokasi dan mengamankan pelaku pada Selasa (15/5).



"Terpidana tampak kaget ketika tim Kejari Jakbar datang dan melakukan penangkapan. Tanpa perlawanan, terpidana langsung dibawa ke Rutan Salemba," ucap Teguh.

Teguh mengatakan penangkapan terdapat terpidana adalah salah satu kegiatan untuk memberikan kepastian hukum. Hal ini sesuai dengan komitmen dari Kejaksaan Agung untuk menangkap buron.

"Proses eksekusi terhadap terpidana tersebut merupakan perwujudan dan pelaksanaan program Tabur 31.1 (Tangkap Buronan) yang merupakan program dari Kejaksaan Agung," ucap Teguh.
(aik/bag)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed