DetikNews
Selasa 15 Mei 2018, 12:40 WIB

Ini Instruksi Lengkap Pengamanan Bandara Diperketat

Moch Prima Fauzi - detikNews
Ini Instruksi Lengkap Pengamanan Bandara Diperketat Dirjen Udara Kemenhub Agus Susanto (Foto: Dok. Dirjen Udara Kemenhub)
Jakarta - Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Susanto, menginstruksikan kepada operator penerbangan mulai dari pengelola bandara, regulated agent, maskapai penerbangan dan lainnya untuk meningkatkan keamanan. Ini sebagai tindaklanjut maraknya aksi terorisme di dalam negeri.

Instruksi itu tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor: Inst 03 tahun 2018 tentang Instruksi Peningkatan Kewaspadaan Kemanan Di Bandar Udara yang mulai berlaku Senin (14/5/2018).

"Sesuai dengan instruksi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, kami merasa perlu mengeluarkan instruksi ini mengingat obyek-obyek penerbangan termasuk bandar udara itu merupakan obyek vital nasional yang bisa menjadi obyek menarik bagi para teroris," ujar Agus dalam keterangan tertulis, Selasa (15/5/2018).



Agus menjelaskan, peningkatan keamanan itu tak lepas dari rentetan peristiwa terkait terorisme yang terjadi di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, hingga bom bunuh diri di beberapa tempat di Surabaya.

Dia melanjutkan, secara umum isi instruksi dalam SE tersebut adalah untuk meningkatkan langkah-langkah keamanan operator penerbangan di zona masing-masing di bandar udara. Agus mengatakan, bandara bisa menjadi target terorisme karena merupakan tempat berkumpulnya banyak orang dari berbagai negara dan daerah. Selain itu bandara dan penerbangan secara umum juga memiliki dampak skala internasional.

Beberapa langkah pencegahan pun dilakukan seperti menguraikan kumpulan banyak orang di bandara yang dilakukan saat proses check-in, atau di zona penurunan penumpang. Selain itu pihaknya juga meningkatkan kompetensi petugas penerbangan.

"Saat ini bandara kita masih tetap di zona kuning. Belum ada peningkatan tapi juga belum bisa kita turunkan. Dengan demikian perlu kewaspadaan lebih di bandara. Misalnya adalah memecah konsentrasi massa dengan mengimbau penumpang untuk tidak check-in bersamaan, menghilangkan drop zone dan sebagainya. Selain itu juga meningkatkan kompetensi petugas karena petugas yang terlatih bisa melakukan profiling orang-orang yang mencurigakan atau tidak," ujar Agus.

Dalam SE yang dikeluarkan Ditjen Udara, diinstruksikan langkah-langkah peningkatan keamanan untuk bandar udara. Langkah itu seperti meningkatkan keamanan di daerah sisi darat antara lain dengan berkoordinasi bersama aparat keamanan setempat untuk peningkatan keamanan, meningkatkan kegiatan patroli di sisi darat, memeriksa secara acak kendaraan tertutup yang memasuki bandar udara, serta memeriksa setiap orang dan barang yang masuk ke daerah cek-in.



Kemudian petugas juga diinstruksikan untuk mengamati gerak-gerik orang yang mencurigakan (profiling dan behavior detection), meningkatkan pemeriksaan acak menjadi 20% terhadap orang dan barang melalui Security Check Point (SCP), serta meningkatkan patroli keamanan di sekeliling bandar udara.

Untuk maskapai penerbangan nasional dan asing, diinstruksikan melakukan pencocokan data diri calon penumpang yang akan check-in antara dokumen angkutan udara dan identitas penumpang. Selain itu, melaksanakan pengecekan profil (profiling check) terhadap penumpang dan bagasi tercatat pada saat lapor diri (check in), serta melaksanakan penanganan bagasi kabin dan bagasi tercatat sesuai prosedur.

Sedangkan untuk regulated agent, diinstruksikan untuk memeriksa kelengkapan dokumen kiriman kargo dan pos, melakukan pemeriksaan keamanan terhadap kargo dan pos sesuai dengan SOP yang berlaku. Selain itu meningkatkan pengawasan dan pengendalian pergerakan terhadap kargo dan pos sampai dengan diserahterimakan ke badan usaha angkutan udara atau perusahaan angkutan udara asing.


(nwy/nwy)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed