Pasutri di Sidoarjo Digerebek Densus, 6 Bom Rakitan Diamankan

Suparno - detikNews
Senin, 14 Mei 2018 13:33 WIB
Penggerebekan rumah terduga teroris di Urang Agung, Sidoarjo. (suparno/detikcom)
Sidoarjo - Penggerebekan rumah terduga teroris di Sidoarjo juga dilakukan di sebuah rumah kontrakan di Dusun Jedong RT 1 RW 2 Kelurahan Urang Agung, Kecamatan Kota. Rumah kontrakan milik Buadi (67) ini ditempati dua pasangan suami-istri.

Dua laki-laki atas nama Agus Widodo (35) dan Ilham telah diamankan oleh tim Densus 88.

"Yang diamankan itu 4 sebenarnya. Tapi masih dalam pemeriksaan," ungkap Kapolresta Sidoarjo Kombes Himawan Bayu Aji kepada wartawan di lokasi, Senin (14/5/2018).

Dalam penggerebekan di Desa Jedong ini, tidak ada perlawanan. Kedua warga yang diduga anggota jaringan teroris tersebut langsung dibawa ke Mako Gegana Brimob Jatim, Jalan Gresik, Surabaya.
Pasutri di Sidoarjo Digerebek Densus, 6 Bom Rakitan Diamankan

Sedangkan kedua istri warga yang terduga teroris diamankan di rumah pamong desa. Keduanya diketahui bernama Damayanti (34) dan Beti Rinawati (38).

Dalam penggerebekan ini juga diamankan 6 buah bom rakitan, sejumlah kendaraan bermotor yang masih ada di TKP, dan handphone milik terduga teroris.

"Ada beberapa rangkaian yang dijadikan satu dirangkai. Tadi kita sempat lakukan disposal atau mencerai-beraikan yang diduga handak (bahan peledak, red)," lanjutnya.

Bom-bom itu telah dinaikkan ke mobil milik tim Gegana Polda Jatim dan dibawa keluar dari lokasi.

Saat ditanya apakah bom yang ditemukan berdaya ledak tinggi atau tidak, Himawan mengaku belum mengetahui hal itu.

"Nanti jibom (penjinak bom, red) yang menentukan," imbuhnya.

Ketika ditanya adakah kaitan dua warga terduga teroris dengan pelaku teror-teror sebelumnya di Surabaya ataupun Sidoarjo, Himawan menambahkan polisi masih melakukan pendalaman.

"Kalau untuk komplotan masih dalam pendalaman apakah ini ada komplotannya, ada hubungannya tidak," tutupnya.

[Gambas:Video 20detik]

(asp/asp)