DetikNews
Senin 14 Mei 2018, 13:06 WIB

Punya Keamanan Berlapis, Kemenhub: Jangan Takut ke Bandara

Rizki Ati Hulwa - detikNews
Punya Keamanan Berlapis, Kemenhub: Jangan Takut ke Bandara Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom
Jakarta - Peristiwa meledaknya rentetan bom belakangan ini membuat sejumlah pihak waspada seraya meningkatkan keamanan, tak terkecuali bandar udara. Kendati demikian, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengimbau masyarakat untuk tidak takut ke bandara.

"Tiap bandara ada sistem Security Check Point (SCP), peralatan, dan personel yang tersertifikasi dari Dirjen Perhubungan Udara untuk memastikan keamanan bandara dari orang maupun barang berbahaya. Di bandara Solo ini, saya lihat pengamanan berjalan sesuai prosedur, jadi penumpang tidak perlu takut dan ragu untuk berkegiatan di bandara dan menggunakan transportasi udara," ujar Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Agus Santoso dalam keterangan tertulisnya, Senin (14/5/2018).



Ia mengatakan hal ini saat melakukan inspeksi di Bandara Adi Soemarmo pada Minggu (13/5/2018). Inspeksi ini bertujuan memeriksa secara langsung sistem dan kondisi keamanan bandara usai dikeluarkannya instruksi memperketat bandar udara dan fasilitas, terkait adanya serangan bom Surabaya.

"Inspeksi mendadak ini untuk cek keandalan sistem. Peralatan dan personel penerbangan di lapangan bekerja dengan maksimal terkait keamanan penerbangan dan Alhamdulillah kondisi keamanan di Adi Soemarmo ini baik, aman, dan terkendali," lanjut Agus yang didampingi General Manager Angkasa Pura I Kol Usman.


Menurut Agus, dunia penerbangan punya sistem keamanan dan keselamatan yang berlapis. Untuk keamanan nasional sudah ada Program Keamanan Penerbangan Nasional yang mengacu pada aturan annex 17 Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO).

Dalam tinjauannya tersebut, Agus sempat berbincang dan memberi semangat pada personel Aviation Security (avsec) bandara yang sedang bertugas. Ia juga mengecek beberapa peralatan keamanan seperti gerbang X-ray dan CCTV.



"MPR mendesak UU terorisme segera disahkan", saksikan beritanya di 20Detik:

[Gambas:Video 20detik]






(mul/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed