DetikNews
Jumat 11 Mei 2018, 15:37 WIB

Antisipasi Serangan Kelompok Teror, Polri Tingkatkan Keamanan

Audrey Santoso - detikNews
Antisipasi Serangan Kelompok Teror, Polri Tingkatkan Keamanan Setyo Wasisto. Foto: Zunita/detikcom
FOKUS BERITA: Rusuh di Mako Brimob
Jakarta - Kapolri Jenderal Tito Karnavian menginstruksikan jajaran Polri untuk meningkatkan keamanan. Perintah itu dilontarkan Tito mengingat terjadi dua serangan ke polisi pada Kamis (10/5) kemarin.

"Pimpinan Polri sudah menyampaikan ke jajaran untuk meningkatkan keamanan," kata Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto kepada wartawan di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (11/5/2018).



Setyo mengatakan guna mengantisipasi aksi teror pascakerusuhan di Rutan Salemba cabang Mako Brimob Kelapa Dua, maka kepolisian terus melakukan pemantauan. Selain itu polisi juga mencari info pergerakan teroris.

"Kita memantau, mencari info yang berkembang bahwa kalau memang ada arah untuk melakukan penyerang terhadap anggota-anggota Polri," kata Setyo.

Dua serangan teroris terjadi pascakerusuhan narapidana teroris di Rutan Salemba cabang Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat. Serangan pertama terjadi di Tambun, Bekasi, Jawa Barat, di mana terdapat 4 terduga teroris yang diamankan.



Dalam perjalanan menuju lokasi pemeriksaan, dua dari empat terduga teroris melakukan perlawanan dengan cara mencekik dan hendak merebut senjata polisi. Perlawanan dua terduga teroris berakhir saat polisi melepaskan tembakan ke arah mereka. Dalam serangan ini, satu terduga teroris tewas.

Serangan kedua terjadi menjelang tengah malam. Seorang tak dikenal nampak mengamati Mako Brimob, Kelapa Dua. Pria yang berdasarkan identitas KTP-nya berinisial TS lalu digiring oleh tiga polisi untuk diperiksa.


Dalam perjalanan menuju ruang pemeriksaan, TS menikam polisi di depannya, Bripka Marhum Frence, dengan sebilah pisau yang disembunyikan di bawah kemaluannya. TS lalu hendak menyerang dua polisi lainnya, Bripka Rahmad Muin dan Briptu Gustri Uce.

Aksi TS terhenti setelah Briptu Gustri Uce melepaskan tembakan ke pelaku yang akhirnya tewas. Sementara Bripka Frence menghembuskan nafas terakhir saat hendak diberikan pertolongan pertama ke RS Bhayangkara.



Tonton video saat 4 terduga teroris yang akan serang Mako Brimob diringkus:

[Gambas:Video 20detik]


(aud/nkn)
FOKUS BERITA: Rusuh di Mako Brimob
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed