DetikNews
Rabu 09 Mei 2018, 16:08 WIB

Ingatkan soal Perpecahan, Polisi Imbau Netizen Hati-hati Sebar Info

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Ingatkan soal Perpecahan, Polisi Imbau Netizen Hati-hati Sebar Info Foto: Ari Saputra
Jakarta - Di era digital ini, netizen menguasai lini media sosial. Banyak informasi yang seliweran di media sosial yang belum tentu kebenarannya.

Dalam kesempatan coffee morning dengan netizen, Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis mengimbau untuk berhati-hati dalam menyebarkan berita. Idham menyebut penyebaran berita hoax dapat menimbulkan keresahan di lingkungan masyarakat.

"Saya imbau untuk selalu berhati-hati dalam mengirimkan berita, banyak sekali broadcast dan berita hoax yang menimbulkan keresahan dan memecah belah persatuan," sambutan Idham yang dibacakan oleh Irwasda Polda Metro Jaya Kombes Komarul Zaman di Gedung Promoter, Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (9/5/2018).

Acara itu sedianya dihadiri oleh Idham. Namun Idham berhalangan hadir karena harus segera ke Mako Brimob Kelapa Dua, Depok.


Netizen diimbau agar tak mudah percaya terhadap berita yang belum jelas kebenerannya. Masyarakat sebaiknya mengkroscek terlebih dahulu sebelum menyebarkannya kepada orang lain.

"Untuk tidak mudah percaya terhadap berita yang tidak jelas asal-usulnya melakukan klarifikasi kebenarannya terlebih dahulu sehingga tidak menjadi bumerang bagi diri sendiri," ujarnya.

Netizen diharapkan menjadi contoh yang baik bagi masyarakat. Hal itu dilakukan dalam rangka menciptakan suasana kondusif di tengah-tengah masyarakat.

"Sebagai netizen warga internet yang baik, kita harus menjai contoh dan melakukan teladan bagi orang lain. Jangan pernah melakukan kegiatan-kegiatan yang kontraporodukif, yang justru semakin mengganggu stabilitas keamanan di tengah masyakat," tuturnya.

Dalam kesempatan ini, Polda juga sekaligus menggelar lomba untuk para pegiat media sosial untuk mengisi blog, vlog, dan media sosial dengan konten positif. Ada beberapa hadiah yang disediakan termasuk berkesempatan meliput kegiatan Kapolda patroli di udara menggunakan helikopter.

Periode lomba dimulai sejak tanggal 9 Mei-22 Juni dan akan diumumkan pemenangnya pada tanggal 1 Juli 2018.


(knv/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed