detikNews
Selasa 08 Mei 2018, 22:28 WIB

Amien Rais Bicara KLB, Ketum PAN: Kita Saling I Love You

Tsarina Maharani - detikNews
Amien Rais Bicara KLB, Ketum PAN: Kita Saling I Love You Foto: Dok MPR
Jakarta - Sinyal dari Ketum PAN Zulkifli Hasan yang akan mendukung Jokowi pada Pilpres 2019 ditolak keras oleh Amien Rais. Ketua Dewan Kehormatan PAN itu sampai menyerukan kongres luar biasa (KLB) apabila sampai ada yang mendukung Jokowi. Bagaimana respons Zulkifli?

"Aman-aman kok. PAN tuh tenang saja,Alhamdulillah pokoknya aman-aman lancar, harmonis, pastilah," kata Zulkifli di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (8/5/2018).

Zulkifli memastikan hubungan di antara para kader dan seluruh jajaran elite PAN sejauh ini terjalin baik. Ia menjelaskan, tak ada persoalan serius di internal partai hingga menyebabkan terselenggaranya KLB.



"Pokoknya harmoni, senyum. Ah, sudahlah pokoknya saling 'I love you' gitu," ujar dia.

Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais menyerukan kongres luar biasa (KLB) apabila sampai ada kader partainya yang mendukung Jokowi. Pangkal persoalan yang memicu Amien melontarkan ancaman KLB ini adalah pernyataan Zulkifli yang menyebut Ketum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) sebagai sosok yang pas jadi cawapres Jokowi pada 2019.

"Soal dukungan pasangan Jokowi-Cak Imin itu hanya isapan jempol. Jadi, kalau sampai ada kader PAN yang mendukung Jokowi, diperlukan KLB. Tetapi semoga saja tidak ada," ujar Amien setelah mengisi Pengajian Jelang Romadon (Pajero) di Alun-alun Banjarnegara, Minggu (6/5).

KLB bukan momen sembarangan di sebuah organisasi maupun partai politik. Sesuai dengan namanya, ada kondisi yang dianggap luar biasa sehingga diperlukan kongres untuk memilih ketua umum baru di luar durasi masa kerja yang disepakati dalam AD/ART partai. Apabila KLB dilakukan, Zulkifli bisa dicopot dari posisi Ketum PAN.
(tsa/nkn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com