DetikNews
Selasa 08 Mei 2018, 10:32 WIB

JK: Mudik Kebahagiaan Tertinggi, Pemerintah Harus Fasilitasi

Rina Atriana - detikNews
JK: Mudik Kebahagiaan Tertinggi, Pemerintah Harus Fasilitasi Wapres JK mengatakan mudik adalah kebahagiaan tertinggi. Oleh karena itu, pemerintah harus memfasilitasinya. Fotografer: Rina
Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai mudik adalah salah satu kebahagiaan tertinggi masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, pemerintah harus bisa memfasilitasi mudik dengan baik.

"Orang Indonesia kebahagiaan tertinggi adalah saat bertemu teman dan keluarga. Kalau mengartikan itu ya mudik," kata JK dalam diskusi Transportation Review 2018 di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Selasa (8/5/2018).



Hadir pula dalam acara ini Menhub Budi Karya dan Kakorlantas Polri Irjen Pol Royke Lumowa.

JK menuturkan mudik bukan hanya budaya di Indonesia. Dia mencontohkan di China hingga Amerika Serikat juga budaya mudik selalu ada.

"Jangan kira cuma kita yang punya mudik, semua negara, seluruh dunia. China kalau Imlek lihat saja, 10 hari pabrik tutup. Amerika saat thanksgiving day, orang Amerika pada pulang makan kalkun," ujar JK.


"Eropa ada natal, India ada waisak atau apa namanya. Karena orang ingin kebahagiaan, pemerintah harus memfasilitasi kebahagiaan ini," imbuhnya.

JK juga menyinggung soal mudik yang kerap membuat Kepolisian deg-degan. Memikirkan kemungkinan adanya korban.

"Ritualnya selalu bikin dag dig dug, polisi apalagi, 'bagaimana korbannya'," tutur JK.

Mudik, menurut JK, bukan hanya soal teknis, tapi juga masalah budaya. "Mudik tak hanya persoalan teknis, itu budaya," imbuhnya.
(rna/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed