DetikNews
Jumat 04 Mei 2018, 13:26 WIB

BNN Gandeng Lapan Incar Ladang Ganja di Indonesia

Denita Matondang - detikNews
BNN Gandeng Lapan Incar Ladang Ganja di Indonesia Kepala BNN Komjen Heru Winarko (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Badan Narkortika Nasional (BNN) bekerja sama dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) mendeteksi ladang-ladang ganja di Indonesia. Posisi ladang ganja ini dideteksi melalui satelit Lapan.

Hal ini disampaikan oleh Kepala BNN Komjen Heru Winarko di Monas, Jakarta Pusat, Jumat (4/5/2018). Winarko mengatakan kerja sama ini juga sudah dilakukan.

"Kami gunakan terus (kerja sama dengan Lapan). Kemarin saya juga sudah ketemu (pihak Lapan)," kata Heru.



Kerja sama BNN-Lapan berupa operasi bersama serta upaya pencegahan berdirinya ladang ganja. Selain itu, upaya perbaikan ini untuk memusnahkan ladang itu.

"Kami kerja sama dengan mereka terutama untuk mengetahui ladang-ladang ganja itu lakukan operasi dan kita juga melakukan referending," kata Heru.

Upaya perbaikan itu dilakukan dengan mengubah fungsi ladang ganja menjadi ladang lain. Misalnya menjadi ladang kopi atau jagung.



"Lahan-lahan ganja itu diubah development menjadi kayak nanti ada beberapa tempat yang kita ubah menjadi ladang kopi, ladang jagung," ujar Heru.

Saat ini, kata Heru, pihaknya juga telah mengawasi dan mendeteksi beberapa ladang yang dijadikan ladang ganja." Ya pastilah (sudah ada diincar)," tutur Heru.
(rvk/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed