detikNews
Kamis 03 Mei 2018, 07:11 WIB

Tragedi Bagi Sembako Berujung Maut 2 Bocah

Idham Kholid - detikNews
Tragedi Bagi Sembako Berujung Maut 2 Bocah Foto: Bagi-bagi sembako di Monas. (Peti/detikcom)
Jakarta - Bocah Mahesa Janaedi dan Muhammad Rizky Saputra tewas usai acara bagi-bagi sembako yang digelar Forum Untukmu Indonesia (FUI) di Monas, Jakarta Pusat. Keluarga Rizky melaporkan Ketua FUI Dave Revano Santosa ke Bareskrim karena dinilai lalai.

Bagi-bagi sembako itu dilakukan di Monas itu hingga pukuk 17.00 WIB, Sabtu (28/4). Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno dan Polda Metro Jaya memberikan keterangan berbeda soal kematian Mahesa dan Rizky.

"Ada dua korban yang mesti kehilangan nyawanya, yaitu saudara kita Mahesha Junaedi dan satu lagi adinda Rizki. Keduanya warga Pademangan. Adinda Rizki bersama Mahesha Janaedi harus kehilangan nyawa karena berdesak-desakan. Dan ada investigasi lanjutan berkaitan dengan penyebab dari kematian kedua korban yang diderita pada saat terjadinya acara tersebut hari Sabtu," kata Sandiaga di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (28/4).


Sandiaga mengatakan sudah bertemu dengan pihak panitia penyelenggara. Dia sedang berkoordinasi untuk meminta pertanggungjawaban.

"Kami sekarang sedang berkoordinasi dengan panitia untuk tindak lanjutnya dan bagaimana langkah tanggung jawab dari panitia atas kejadian yang telah terjadi. Sangat kita sayangkan," tegasnya.

Ketua panitia acara yang tergabung dalam FUI Dave Revano Santosa menyerahkan persoalan ini sepenuhnya ke polisi. Dia hanya bisa memastikan, menurut versi panitia, dua anak itu tidak terinjak.

"Mengenai hal itu, apakah terjadi di dalam atau di luar, saya menyerahkan sepenuhnya ke pihak kepolisian," ujar Dave ketika dikofirmasi detikcom, Kamis (1/5).


Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis pun membentuk tim khusus untuk mengusut kematian dua bocah itu. Polisi masih menyelidiki penyebab kematian kedua bocah itu. Adapun Kapolres Jakarta Pusat Kombes Roma Hutajulu dalam laporan awalnya menyatakan dua bocah itu tidak berada dalam antrean.

"(Kasusnya) sementara dalam penyelidikan dari Ditreskrimum bersama tim dari (Polres) Jakarta Pusat, saya sudah bentuk tim, tim gabungan dari (Polres) Jakpus dan Krimum untuk menyelidiki, bagaimana latar belakang kasus itu," jelas Idham kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (2/5/2018).

Hari ini, ibunda Rizky, Komariah (49) melaporkan Dave ke Bareskrim. Dave dituduh lalai hingga menyebabkan Rizky tewas.


Komariah yang didampingi pengacaranya, Muhammad Fayyadh, tak kuasa menahan tangis atas tewasnya Rizky. Komariah ingin kasus ini diusut tuntas.

"Pak Presiden (Jokowi) tolong saya, saya orang kecil, anak saya meninggal. Tolong agar diusut tuntas Bapak Presiden. Jangan berhenti di tengah jalan," kata Komariah sambil menangis setelah membuat laporan di gedung KKP, Bareskrim Polri, Jalan Merdeka Timur, Rabu (2/5).



Tonton juga video lainnya:

[Gambas:Video 20detik]


(idh/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com